Mazda meluncurkan generasi ketiga dari jajaran Premacy / 5 di Geneva Motor Show 2010, dan itu dirancang sebagai keluarga utama MPV. Sementara pelanggan sudah mencari kendaraan crossover-SUV, beberapa pembuat mobil berusaha menjaga semangat MPV tetap hidup. Mazda adalah salah satu dari mereka, dan itu membangun generasi ketiga dari 5 / premak pada platform yang sama dengan model 3 Compact. Dari sudut pandang desain, sudah ada keberangkatan yang jelas dari manajemen Ford. Fasia depan Mazda diubah menjadi wajah tersenyum dengan gril yang tampak seperti mulut tertawa terbuka. Lampu depan menyerupai yang diinstal pada seri Mazda 3. Di sisi, panel pintu pahatan berbentuk gelombang dan membuat kesan gerakan yang jelas. Meskipun area belakang yang besar, tailgate tidak terlihat seperti dicuri dari gudang dan melesat di atas mobil. Lini bagian bawah yang menyapu, berbentuk V dan lampu belakang besar membentuk proporsi yang seimbang antara area logam dan kaca. Tetapi bagian penting dari mobil adalah interior, di mana pembuat mobil memasang tujuh kursi dengan tiga baris. Baris terakhir ada di bagasi dan, seperti yang diharapkan, bisa melipat datar ke area bagasi. Baris kedua memiringkan dan meluncur untuk memungkinkan akses yang lebih mudah di belakang. Juga, kursi tengah bisa dilipat dan digunakan sebagai sandaran tangan atau kompartemen penyimpanan. Di depan, Mazda mencoba menawarkan posisi mengemudi yang baik untuk prematur, terlepas dari ketinggian pengemudi. Pembuat mobil Jepang memasang pilihan mesin yang lebar di bawah tudung 5 / premody. Tergantung pada pasar, Mazda menawarkan versi bensin atau turbo-diesel, dipasangkan dengan transmisi manual atau otomatis.