Model unggulan Mazda, crossover 7 penumpang diperbarui untuk 2013. CX-9 menampilkan front dan belakang yang benar-benar didesain ulang, mengikuti desain Kodo baru Mazda. Di depan, lampu depan baru terlihat lebih seperti mata elang, sementara di belakang, lampu belakang yang diperbarui berkontribusi pada tampilan yang lebih modern dari CX-9, bersama dengan knalpot ganda dan bumper yang lebih besar. CX-9 dibangun di atas platform yang mirip dengan Ford's Explorer. Sebenarnya, CX-9 memiliki dasar-dasar Ford, dibungkus dengan paket Jepang. Tersedia dalam dua level trim, GS dan GT, CX-9 memiliki harga awal sekitar $ 34.000, masing-masing, $ 47.000. Bukan crossover termurah di pasaran pada saat itu. Tingkat Trim GS datang dengan sistem penggerak roda depan standar, sedangkan GT menawarkan sistem all-wheel-drive standar. Paduan standar 20 inci datang dengan level Trim GT, sedangkan GS menawarkan paduan 18 inci. Pendekatan di dalam agak sederhana, dengan kontrol yang jelas untuk semuanya. Bagian dari paket adalah kamera cadangan, sistem Bluetooth dan layar 5,8 inci. Dasbor mirip dengan CX-7 dan sangat berbeda dari CX-5. Kursi-kursi itu nyaman dan menawarkan banyak ruang, bahkan untuk penumpang di barisan ke-3. Akses ke baris ke-3 dibuat mudah, pengguna harus menggunakan hanya satu tangan untuk menyaring kursi pada baris ke-2. Salah satu mesin yang dipasang di CX-9 adalah mesin V6 3,7 liter yang mengembangkan 273 hp. Dibandingkan dengan model Ford, CX-9 menawarkan banyak daya sebagai standar, sementara tepi Ford memiliki mesin standar 3,5 liter dan pengguna perlu membayar lebih untuk mendapatkan yang lebih kuat.