Roadster Sporty yang dirilis pada tahun 1989 ditingkatkan untuk tahun 1998 ketika Mazda Mazda MX5 / MIATA generasi kedua dibebaskan. Selain pembaruan desain eksterior yang jelas, MX-5 / MIATA baru memiliki peningkatan efisiensi aerodinamis, serta lebih banyak fitur keamanan yang tersedia. Perubahan yang paling menonjol adalah di ujung depan, di mana headlamp yang dapat ditarik secara ikonik dihapus dan diganti dengan yang tetap karena masalah keamanan pejalan kaki. Pembaruan juga membantu menghilangkan sekitar 5 kg, sehingga berat mobil sedikit berkurang. Profil MX-5 / MIATA tampak lebih pahatan dengan bagian bawah pintu yang didesain ulang, sedangkan ujung belakang menjadi modern dengan lampu belakang yang didesain ulang. Di dalam, MX-5 / MX-5 / MIATA yang baru menampilkan perubahan halus seperti dasbor yang sedikit lebih pahat, serta penambahan sakelar override untuk airbag sisi penumpang, dan ketersediaan blocker angin. Sementara area kargo itu bukan yang paling kecil, kapasitasnya sedikit ditingkatkan karena baterai ditempatkan di antara bumper dan roda belakang. Perbaikan lain adalah penambahan jendela kaca belakang dengan defroster, sedangkan generasi pertama dilengkapi dengan jendela belakang plastik. Mesin yang memberi daya pada MX-5 MIATA generasi kedua masih merupakan unit 1,8 liter yang sekarang datang dengan kepala silinder baru yang bermacam-macam variabel baru. Dikombinasikan, daya meningkat dari 133 hp ke 140 hp, sehingga model baru mencapai 100 kpj (62 mph) dalam 8 detik.