Mazda MX5 / MIATA melanjutkan jalan yang sukses di seluruh dunia dengan diperkenalkannya generasi ketiga pada tahun 2005. Ketika pembuat mobil Jepang merancang MX5, dibutuhkan Roadster Inggris sebagai contoh, tetapi itu membuatnya lebih baik. Rahasia di balik kesuksesan MX5 adalah keandalan, yang tidak umum di antara beberapa roadsters Inggris. Selain itu, itu hemat bahan bakar. Itu adalah kendaraan pengemudi harian yang menyenangkan. Sementara dua generasi pertama tampak seperti mereka tidak tahu tempat mereka di pasaran, generasi ketiga datang dengan kaki yang kuat dan sangat yakin bahwa itu tahu di mana ia berada: Di mana-mana. Mungkin itu bukan desain yang paling sukses untuk MX5. Lampu depan tidak tersapu di samping, dan grilnya tampak terlalu kecil di apron depan. Cetakan pada roda-lengkungan membuat mobil terlihat lebih lebar dan lebih berotot. Para desainer mengklaim bahwa ingin memberi kendaraan tampilan sumo-fighter, meskipun itu adalah mobil yang ringan. Interiornya cocok untuk dua penumpang dan menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup. Pembuat mobil mendengarkan pelanggannya yang mengeluh tentang ruang kepala pada NB (generasi kedua) MX5 / MIATA, sehingga membuat mobil cukup besar untuk memuat driver yang lebih tinggi. NB tersedia sebagai convertible dengan kanvas manual atas atau hard-top yang dapat ditarik listrik. Platform adalah campuran dari kendaraan yang berbeda dari kisaran Mazda. Suspensi depan dibawa dari RX8. Diferensial selip terbatas tersedia tergantung pada mesin dan wilayah. Tergantung pada pasar, MX5 dilengkapi dengan manual 5 atau 6-speed. Tersedia otomatis enam kecepatan.