SL legendaris diluncurkan pada tahun 1954 dan membuka bab baru dalam sejarah otomotif. Itu menandai awal dari pintu "gullwing" dan tetap menjadi sumber inspirasi untuk generasi berikut. Inisial SL berasal dari kata-kata "Sport Leicht" (Sport - Light). Asal-usul mobil didasarkan pada BAED pada mobil balap Mercedes-Benz W194 yang dilacak oleh importir mobil Amerika, Max Hoffman. Dia meyakinkan dewan untuk menghasilkan versi jalan untuk W194. Satu-satunya masalah dengan coupe-versi mobil balap adalah bahwa seluruh struktur memaksa pabrikan untuk membangun ambang pintu yang lebih tinggi. Tetapi mereka masih perlu memasang pintu untuk pengemudi. Solusinya adalah model Bugatti tipe 64 sejak 1939 dengan pintu berengsel di atas mobil. Ini adalah bagaimana pintu Gullwing muncul. Mesinnya adalah mahakarya teknologi. Setelah Maserati membangun unit-unit yang disuntikkan langsung bensin untuk mobil balapnya dengan teknologi Lucas, Mercedes-Benz mencoba sama dengan Bosch. Dan mereka sukses. Mesin inline-6, disuntikkan langsung, dengan perpindahan 3.0 liter, ditawarkan 215 hp, nilai besar untuk era tersebut. Corvette 1954 memiliki 157 hp dari mesin 3,9 liter. SL Gullwing, seperti yang diketahui, memiliki umur singkat, diproduksi hanya tiga tahun, tetapi meninggalkan warisan di belakang tempat itu selamanya di Hall of Fame Halaman Otomotif.