SUV terbesar dari pembuat mobil Jerman adalah setara dengan S-Class untuk pasar SUV. Terserah tujuh kursi dan tingkat kenyamanan yang tinggi menjadikannya sebagai alternatif yang baik untuk unggulan merek. Generasi pertama GL diluncurkan pada 2006 dan didasarkan pada platform kelas ML. Itu terutama dibangun untuk pasar Amerika Utara. Di Eropa, penjualannya sangat rendah, terutama setelah krisis ekonomi dunia stroke pada tahun 2008. Dalam tahun produksi terakhirnya, itu berhasil menjual hanya 2508 unit di benua Eropa, sementara di AS tahun terburuk adalah tahun 2009 dengan tahun 2009 15.012 unit. Generasi kedua dimulai pada 2012 dengan revamp lengkap untuk tampilan eksterior. Ini menampilkan fascia frontal baru, pintu pahatan, dan sinyal belokan berbentuk V di cermin pintu. Meski begitu, penjualan itu tidak datang dekat dengan pasar AS. Ukurannya besar membuatnya sulit untuk menggunakannya di dalam kota-kota Eropa. Di dalam, pengaturan tempat duduk 2-3-2 disediakan lebih banyak ruangan daripada pendahulunya, menawarkan lebih banyak siku, bahu, dan ruang kepala untuk ketiga baris kursi. Dasbor ditutupi kulit Artico buatan manusia. Di dalam cluster instrumen, layar TFT 4,8 "baru menawarkan informasi dari komputer on-board, unit infotainment perintah, atau dari sistem navigasi. Di pasar Eropa, mesin diesel 3.0 liter adalah versi yang paling disukai, sedangkan untuk Pasar A.S. Unit bensin berada di atas daftar pelanggannya. Seperti S-Class, GL tersedia secara eksklusif dengan gearbox otomatis 7-percepatan (7G-Tronic).