Mitsubishi Lancer Evolution IX adalah versi yang ditingkatkan dari pendahulunya, Evolution VIII. Itu datang dengan fitur-fitur yang dilengkapi dengan mobil reli, tetapi dapat dikendarai di jalan. Model Evolusi Kesembilan dari Lancer diluncurkan di Jepang dan di Geneva Motor Show pada 2005 pada hari yang sama. Satu bulan kemudian, pada bulan April, itu ditampilkan di New York International Auto Show. Ini menampilkan spesifikasi yang hampir sama dengan EVO VIII, tetapi dengan beberapa perbaikan pada mesin dan untuk Edisi MR khusus. Eksterior mobil terbuka lebar di spoiler depan dan intercooler besar untuk turbo terpapar. Di sisinya, ada dua lampu kabut dan sepasang ventilasi pendingin untuk rem. Black Mesh-Grille hanya mendukung logo Mitsubishi Chrome tiga berlian. Di kap, ada ventilasi ekstraksi udara yang tidak hanya untuk pertunjukan. Itu fungsional. Di sisi belakang atap, Mitsubishi memasang garis sirip kecil, seperti hiu, yang membantu aerodinamis. Spoiler besar-besaran di bagasi dilengkapi dengan sistem penyesuaian, untuk membantu meningkatkan downforce pada gandar belakang. Sementara MR menampilkan velg cahaya bbs khusus, sisa lineup dilengkapi dengan seperangkat roda enkei. Di dalam, Lancer menampilkan kursi olahraga-ember dan, untuk Edisi Mr, kursi Recaro, dan setir Momo. Cluster instrumen menampilkan empat dial dan indikator sistem traksi untuk tiga pengaturan yang tersedia: Tarmac, kerikil, dan salju. Di bawah kap, ada mesin 4G63 yang sama yang dipasang pada banyak model evolusi tombak, tetapi untuk versi IXth, itu dilengkapi dengan waktu katup variabel bernama Mivec. Terlepas dari versi MR, yang dilengkapi dengan manual 6 kecepatan, sisa level trim hanya memiliki gearbox 5-kecepatan. Semua model adalah all-wheel-drive.