Setelah tiga tahun di pasar, Nissan memicu generasi kedua dari terano yang dibangun Spanyol. Sama seperti pendahulunya, Terrano II tersedia dengan dua gaya tubuh, dengan tiga atau lima pintu. Kendaraan ini dikembangkan bersama dengan Ford, dan kedua model, The Terrano II dan Sandling Ford Maverick, dibangun di pabrik Nissan dari Spanyol. Kedua pembuat mobil memperbarui kendaraan mereka untuk mematuhi norma euro 2, yang wajib sejak Januari 1997. Dari luar, perbedaan utama ada di depan, di mana mobil mengadopsi empat lampu depan, bukannya persegi panjang yang digunakan pada model sebelumnya. Juga, grille mendapat celah yang lebih luas untuk memungkinkan pendinginan yang lebih baik dibutuhkan, terutama di medan yang kasar. Tergantung pada level trim, terrano II menampilkan cetakan samping plastik untuk melindungi pintu dan panel dari goresan dan tanda-semak. Beberapa perubahan visual berada di interior, di mana Nissan memasang dashboard dan instrumen cluster baru. Antara speedometer dan tachometer, di atas panel, pembuat mobil memperkenalkan LCD untuk odometer, sedangkan pengukur bahan bakar dan suhu dipindahkan lebih rendah. Penambahan penting adalah pengenalan airbag untuk kedua penghuni depan. Nissan bahkan mencoba menawarkan lebih banyak kenyamanan dan fitur-fitur yang terinspirasi mewah seperti trim kayu di tumpukan tengah dan panel pintu. Mobil menerima mesin turbo-diesel 125 hp 2.7 liter di sisi teknis, yang menggantikan unit 101 yang sebelumnya digunakan dari model 1993. Di sisi lain, versi bensin 2,4 liter kehilangan enam kuda jika dibandingkan dengan pendahulunya.