Nissan memperkenalkan segar siklus tengah kehidupan untuk SUV Eropa-nya yang dibangun di Spanyol bersama dengan Ford Maverick. Pembuat mobil Jepang berhasil tumbuh di hati pembeli mobil Eropa dan Inggris yang mencari SUV berorientasi keluarga. Suspensi independen depan yang nyaman dan interior lapang, dikombinasikan dengan mesin hemat bahan bakar, diterima dengan baik oleh pasar. Setelah hanya tiga tahun sejak diperkenalkan, itu menerima segarkan siklus tengah kehidupan yang dimaksudkan untuk meningkatkan mesin dan membuatnya sesuai dengan Euro 2. Aturan emisi baru adalah wajib dari Januari 1997. Dari luar, perbedaan utama ada di depan, di mana mobil mengadopsi empat lampu depan bulat alih-alih persegi panjang yang digunakan pada model sebelumnya. Juga, grille mendapat celah yang lebih luas untuk memungkinkan pendinginan yang lebih baik dibutuhkan, terutama di medan yang kasar. Tergantung pada level trim, terrano II menampilkan cetakan samping plastik untuk melindungi pintu dan panel dari goresan dan tanda-semak. Meskipun wheelbase dan kabinnya yang lebih panjang memungkinkan pembuat mobil untuk memindahkan roda cadangan ke dalam bagasi, Nissan memilih untuk membiarkannya menempel di belakang pada dudukan terpisah. Beberapa perubahan visual berada di interior, di mana Nissan memasang dashboard dan instrumen cluster baru. Carmaker memperkenalkan LCD untuk odometer di atas panel instrumen. Penambahan penting adalah pengenalan airbag untuk kedua penghuni depan. Nissan bahkan mencoba menawarkan lebih banyak kenyamanan dan fitur-fitur yang terinspirasi mewah seperti trim kayu di tumpukan tengah dan panel pintu. Di bawah kap, Nissan memasang mesin 2,7 liter turbo-diesel, yang mendapatkan 24 hp atas pendahulunya. Itu adalah mesin utama yang dipilih oleh pelanggan Eropa. Di sisi lain, unit bensin 2,4 liter kehilangan enam tenaga kuda karena konverter katalitik.