Pada tahun 1964, Porsche memperkenalkan rentang 911, sebagai penerus untuk model 356. Tapi mobil itu terlalu mahal. Solusi kompromi ditemukan: 911 dengan mesin 356. Dan itu adalah 912. Desainnya adalah evolusi dari model Porsche 356. Lampu baru, rumah kaca yang lebih tinggi, dan kemiringan yang sama di belakang adalah karakteristik utama yang mendefinisikan bentuk Porsche klasik. Desainnya dibuat oleh Ferdinand "Butzi" Porsche, putra Porsche "Ferry" Ferdinand. Yang terakhir adalah pencipta kumbang VW 1936. Porsche 356 adalah kesuksesan komersial untuk perusahaan muda Jerman. Satu tahun setelah 911 diluncurkan, 912 mencapai lantai showroom. Itu menyimpan prinsip-prinsip yang sama dari 356 dengan mesin flat-empat, berpendingin udara. Itu menyebabkan tutup mesin yang berbeda di belakang, dengan ventilasi besar di atasnya. Di dalam mobil, ada tata letak datar sederhana untuk cluster instrumen. Konsep lima-Dial disimpan selama waktu lain dari Porsche 912 adalah kunci starter di luar, lebih dekat ke jendela, sementara sebagian besar kendaraan lain memilikinya di dalam. Untuk menjaga harga mobil rendah, beberapa fitur Porsche 911 dihapus dan ditawarkan hanya sebagai pilihan. Dalam proses itu, stereo dan beberapa bahan mematikan suara diakses. Tata letak sederhana untuk mesin termasuk suspensi independen roda empat, yang merupakan keuntungan besar saat menikung. Mesin flat-empat 1,6 liter didasarkan pada yang ditemukan pada 356 SC. Itu diberi makan oleh karburator soleks dan dikawinkan dengan gearbox manual 4-speed.