Ketika diperkenalkan pada tahun 1996, Boxster adalah kejutan dan beberapa menganggapnya sebagai "Poor's Man Porsche". Tetapi mesin pertengahan, roda belakang, Roadster adalah sesuatu yang berbeda. Ya, itu lebih murah dari 911, tetapi gesit dan masih menjadi pengemudi harian. Mesin yang lebih kecil, posisi berkendara rendah, dan penanganan gesit membuat sekitar 911 pemilik mengubah pikiran mereka dan mempertimbangkan kembali model dasar dari pembuat mobil Jerman. Lagi pula, itu adalah sekuel setelah Porsche 914 1969 tetapi, dengan Boxster, mereka memaku-itu! Desainnya terinspirasi oleh mantan model kemuliaan seperti 356 Cabriolet dan 550 Spyder. Fascia depan berada di halaman yang sama dengan model Porsche 911 - 996. Ujung depan rendah dimungkinkan karena kurangnya mesin dan punggung bulat belakang dimungkinkan karena mesin mid-mount. Dua sisi asupan udara dipasang untuk memberi makan dan mendinginkan mesin berpendingin air. Untuk interior, Porsche mengambil pendekatan yang sama dengan 911. Bahkan dalam model dasar, mobil dilengkapi dengan kursi olahraga. Cluster instrumen menampilkan lebih sedikit panggilan daripada kakaknya yang lebih besar, tetapi masih memiliki speedometer di sebelah kiri, penghitung di tengah, dan air dan tingkat bahan bakar pada dial putaran kanan. Dua lengkungan keamanan di belakang kursi tidak hanya wajib tetapi untuk memperkuat bodywork dan menegang sasis. Untuk model dasar, sistem suara hanya mendasar, tetapi bisa ditingkatkan ke unit infotainment penuh, dengan sistem navigasi. Untuk kompartemen mesin, Boxster ditawarkan dengan pilihan dua mesin: 2,5 liter dan 2,7 liter untuk versi S. Kedua versi tersebut dapat dipesan dengan manual 5 kecepatan, atau transmisi otomatis 5-percepatan.