Pengenalan versi S untuk Cayenne tidak mengejutkan, tetapi pengenalan versi S-Diesel untuk Porsche SUV terbesar adalah, entah bagaimana, tidak terduga. Pada 2012, pesaing utama Jerman di pasaran untuk Cayenne adalah BMW X5 dan Mercedes-Benz ML-Class. Keduanya menawarkan mesin diesel yang kuat, mesin pilihan bagi pelanggan Eropa. Tetapi Porsche tidak bisa tinggal terlalu banyak di belakang mereka dan, dimulai dengan 2012, ia menawarkan versi S untuk diesel. Generasi kedua datang dengan bodywork yang lebih ringan dan gaya baru untuk bagian depan, yang menyerupai Panamera. Tudung itu mirip dengan sedan Porsche 4 pintu juga. Di fender depan, lencana Chrome "Diesel" dipasang. Di belakang, Cayenne S Diesel menampilkan lencana Cayenne S yang sama dengan versi bensinnya. Dua knalpot lebar di belakang dan atap-spoiler meningkatkan tampilan dinamis. Interior dilengkapi dengan fasilitas yang sama dengan Cayenne S. Itu terinspirasi oleh rentang Panamera. Itu dilakukan di atas setir dan tombol dari versi Bensin. Stack tengah menampilkan unit PCM dengan sistem navigasi yang dipasang sebagai standar. Mesin Diesel Twin-Turbo menawarkan hampir 100 HP lebih dari BMW X5 4.0D dan 158 HP lebih dari yang biasa, Diesel Cayenne. Itu adalah diesel Porsche paling kuat yang pernah, menawarkan 482 hp. Transmisi standar adalah tiptronis 8-kecepatan yang mengirim daya di semua sudut melalui PTM (Manajemen Traksi Porsche). Paket off-road menawarkan penguncian-diferensial, tetapi suspensi udara bukanlah standar.