Porsche Cayman 2012 melanjutkan gagasan dari generasi pertamanya: menjadi mobil sport tengah-mesin yang akan digunakan sebagai pengemudi harian dan mobil track-day di akhir pekan. Sejarah mobil bermesin tengah dari Porsche berjalan kembali dalam sejarah. Pada pertengahan '70-an itu mencoba pasar dengan Targa 914, tetapi kendaraan bertenaga rendah tidak diterima dengan sangat baik oleh pasar. Pada tahun 1996, Porsche memutuskan sekali lagi untuk menambahkan model dasar baru untuk lineup dan memperkenalkan Boxster. Kali ini, itu memberi mesin yang lebih baik. Karena keberhasilannya, pada tahun 2005 generasi kedua diperkenalkan. Kali ini Porsche mendengarkan pelanggannya yang mencari versi yang lebih ringan dan memperkenalkan Cayman ke pasar. Itu lebih kuat dari saudara kandungnya, Cayman, dan tidak seperti generasi sebelumnya, kedua versi diperkenalkan pada saat yang sama. Mobil proporsional yang proporsional menampilkan mesin menengah dan sisi depan yang rata dan rendah. Rumah kaca miring belakang dengan jendela besar, tepat sebelum tutup geladak belakang. Mobil ini menampilkan dua batang: satu di depan dan satu di belakang, di belakang teluk mesin. Itu menyebabkan kapasitas bagasi 425 liter (15 cu-ft), meningkat 10 liter (0,35 cu-ft) atas pendahulunya. Saluran udara samping untuk mesin lebih besar. Di dalam, Cayman S menampilkan dua kursi olahraga-ember. Dasbor sedikit miring ke arah pengemudi. Cluster instrumen menampilkan tiga dial dengan tampilan digital di sisi kanan. Model atas adalah Cayman S dengan mesin 3,44 liter yang dikawinkan dengan manual 6 kecepatan dan opsi yang sama untuk transmisi otomatis sebagai model dasar. Ada opsi untuk gearbox otomatis PDK (kopling ganda) dengan 7 kecepatan.