Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 karena Dodge Ram, model 2015 dirampas sebagai truk RAM dan mengikuti sistem penomoran yang sama yang menunjukkan muatan. Pada 2010, truk RAM dipisahkan oleh Dodge dan bertindak seperti merek yang berbeda di dalam kelompok Chrysler. Ada masa-masa sulit untuk salah satu "Tiga Besar," dan setelah menghindari peluru kebangkrutan, itu berakhir di halaman Fiat, dan produk-produknya harus lebih menarik bagi pasar. Pelanggan menghargai RAM di industri pickup, tetapi mahkota terlaris masih di Ford's HQ. Ram Quad Cab 2015 adalah versi terpendek dengan empat pintu di lineup. Itu terutama dirancang untuk pekerjaan ringan yang membutuhkan empat atau lima orang dan beban ringan di tempat tidur. Ini menampilkan gaya grille cross-hair di bagian depan yang berdiri lebih tinggi dari area lampu depan. Dari sisi-sisinya, pintu pendek belakang menawarkan akses yang lebih mudah ke kursi belakang. Itu hanya tersedia dalam satu opsi panjang. Di dalam, pembuat mobil harus membuat beberapa penyesuaian ke dasbor untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari tes macet IIHS. Di dalam cluster instrumen, pembuat mobil memasang tampilan TFT antara speedometer dan tachometer, selain empat pengukur lainnya yang diperlukan untuk bahan bakar, suhu, tekanan minyak, dan pengisian daya. Kejutan terbesar adalah antara sasis dan bodywork. Di bagian depan, ada mesin turbo-diesel 3,0 liter. Torsi low-end dan efisiensi bahan bakar adalah persaingan besar di atas Chevrolet atau truk ukuran penuh Ford. Transmisi ZF 8-kecepatan yang ditawarkan untuk mesin Hemi 5,7 liter adalah peningkatan signifikan lainnya karena perubahan gigi yang halus. Di belakang, RAM menambahkan opsi baru untuk suspensi udara ke daftar.