Terpilih sebagai mobil Eropa tahun ini pada tahun 1982, Renault 9 dijual lebih dari satu juta unit selama masa pakai sembilan tahun. Pada tahun 1986 ia menerima facelift yang layak. Kembali ke tahun 80-an, gaya kubis adalah raja di departemen desain. Terlepas dari beberapa kendaraan Italia, kebanyakan dari mereka dirancang dengan garis lurus, tajam, seperti Volvo, Golf Volkswagen / Jetta / Passat, Audi 80/100, dan Renault. Yang terakhir menawarkan model 9 sebagai versi sedan untuk 11 hatchback. Itu adalah mobil keluarga yang ringan dan hemat bahan bakar yang bisa membawa empat penumpang dan beberapa barang bawaan. Versi 1986 sedikit diperbarui dari sudut pandang desain. Di depan, ia memakai lampu depan yang lebih menyapu yang terinspirasi oleh saudara laki-lakinya, 25. Ada gril yang sangat tipis di antara kap dan bumper plastik yang dibungkus. Tergantung pada level trim, itu hitam atau berwarna tubuh. Versi Turbo menampilkan roda magnesium dan paket aerodinamis yang unik. Di dalam, mobil Prancis kecil itu menampilkan kursi ramping di bagian depan dengan pengendaraan sisi minimal. Terlepas dari versi Turbo 115 HP, itu bukan kendaraan yang sporty. Desain persegi disimpan untuk cluster instrumen, tetapi ada setir baru, dua-spoke. Di bawah tenda, Renault merevisi lineup mesin. Itu masih ditawarkan dengan mesin HP 54 1,3 liter untuk model dasar. Mesin diesel 1,6 liter tersedia bagi mereka yang membutuhkan kendaraan yang sangat hemat bahan bakar. Renault mencoba menjual mobil di Amerika Utara dengan nama Renault Alliance, tetapi gagal dan ditebus pada tahun 1987.