Renault memperkenalkan generasi ketiga dari kisaran Clio pada tahun 2005 di Frankfurt Motor Show dan meningkatkannya pada awal 2009. Pengenalan peraturan Euro 5 baru melampaui emisi dan meminta kendaraan pembuat mobil mereka lebih aman. Beberapa pembuat mobil harus bekerja keras untuk memenuhi tuntutan, sementara yang lain menunggu sampai menit terakhir untuk membuat modifikasi wajib. Renault adalah bagian dari kelompok kedua. Tidak ada masalah dengan sistem keselamatan karena Clio sudah menjadi pemenang bintang 5 pada tes kecelakaan EuronCap, tetapi tidak memiliki beberapa sistem keselamatan aktif seperti lampu berjalan siang hari. Untuk versi facelifted, Renault memilih untuk membentuk kembali seluruh fasia depan. Bumper-nya menampilkan gril trapesium yang lebih ekspansif, sedangkan di atas plat, hanya celah kecil yang disediakan udara untuk mesin. Lampu depan-back-back menampilkan aksen gelap di dalam headlamps. Dibandingkan dengan versi non-facelifted, Clio 2009 sedikit lebih lama tetapi menampilkan wheelbase yang sama seperti sebelumnya. Dalam versi lima pintu, b-pilar adalah hitam untuk menciptakan kesan palsu dari bodywork tiga pintu. Di dalam, pembuat mobil memasang bahan yang baru dan lebih lembut di sekitar kabin. Daftar Opsi Peralatan bahkan lebih lama dari sebelumnya dan menambahkan perangkat navigasi Carminat Tom-Tom yang dapat dilepas terintegrasi dengan sistem audio mobil. Bangku belakang diposisikan kembali dan memungkinkan ruang kepala yang lebih baik bahkan untuk orang dewasa yang lebih tinggi daripada rata-rata di belakang. Anehnya, versi lima pintu menawarkan sedikit lebih sedikit ruang bahu daripada saudara tiga pintu. Di bawah kap, Renault memasang tujuh mesin untuk memilih, tetapi hanya satu dari mereka yang tersedia dengan transmisi otomatis.