Saab memperkenalkan versi facelift dari kisaran 9-5 pada tahun 2001. Itu memengaruhi versi sedan dan stasiun-wagon, yang bernama Sport Combi. Eropa beralih ke norma-norma polusi Euro 3 pada tahun 2001, memaksakan sebagian besar pembuat mobil untuk mengubah atau meningkatkan mesin mereka. Saab adalah salah satunya. Seiring dengan upgrade powertrain, para desainer men-tweak tampilan mobil. Dari luar, ada beberapa perubahan kosmetik kecil pada mobil. Ada desain bumper baru, tergantung pada level trim atau versi kendaraan. Untuk versi AERO, grille berbentuk A di area bumper bawah membuat mobil terlihat lebih agresif. Sisa dari kisaran menampilkan grille elips yang lebih halus dengan lampu kabut tertutup. Lampu belakangnya didesain ulang di belakang dan menampilkan lensa yang jelas untuk cahaya yang membalikkan di sisi atasnya, sementara versi non-facelifted menampilkan lensa asap. Di dalam, Saab memasang beberapa fitur khusus khusus untuk mereknya. Key-fob ditempatkan di antara kursi depan, di depan rem tangan. Tergantung pada level trim, mobil ini menampilkan kursi tinggi yang didukung di bagian depan. Kursi belakang dipasang terlipat dan memungkinkan peningkatan untuk area kargo dari 1047 liter (37 cu-ft) hingga 2064 liter (72,9 cu-ft), diukur pada garis atap. GM memiliki merek Saab di bawah atapnya pada waktu itu. Ini memasok sebagian besar mesin dan platform teknis. 9-5 pelanggan dapat memilih dari berbagai mesin bensin dan diesel. Unit turbocharged 2.3 liter adalah unik untuk merek Swedia, sementara sebagian besar yang lain dibawa dari cabang Eropa GM, Opel.