Fans Skoda meminta versi sporty untuk Octavia sejak diluncurkan pada tahun 1996, tetapi pembuat mobil hanya menyediakan satu pada tahun 2001, setelah siklus hidup menengah. Skoda membangun Octavia pada platform yang sama dengan Golf Volkswagen, Audi A3, Kursi Leon, atau Audi TT. Pada tahun 1999, Czech Carmaker bergabung dengan Kejuaraan Reli Dunia dengan Octavia, mengikuti Warisan Motorsport Century. Mobil itu terlalu besar untuk mencetak keberhasilan yang signifikan, tetapi itu menyalakan kembali keinginan merek untuk membangun kendaraan spesial. Volkswagen memberi ok untuk itu, dan, pada tahun 2001, versi facelifted of the Octavia menerima hati Audi TT. VR Octavia dianggap sebagai pria miskin GTI. Ini menawarkan banyak fitur untuk keluarga dan mesin hote-hot di bawah kap, dan itu terlihat di eksterior mobil. Carmaker memasang bumper depan baru dengan celemek dan gril yang lebih luas di bagian bawah. Dari sisi-sisinya, desain roda paduan cahaya yang unik membuat perbedaan yang jelas jika dibandingkan dengan sisa kisaran. Untuk menyelesaikan gambar olahraga Octavia, para desainer memasang sayap kecil di atas bak. Di dalam, pembuat mobil yang dipasang di carmake-kursi dengan pemulihan tinggi untuk memastikan cengkeraman yang lebih baik untuk pengemudi dan penumpang depan selama sudut berkecepatan tinggi. Interior dua nada-nya unik untuk versi VRS, dan daftar fitur standarnya lebih panjang daripada pada Octavia biasa. Padahal, kursi berpemanas dan ESP ada di daftar opsi. Di bawah kap, Skoda memasang mesin bensin turbocharged 1,8 liter dipasangkan sebagai standar ke manual lima kecepatan dan mengirimkan daya ke roda depan saja. Namun, mobil menampilkan suspensi yang kaku, rem lebih besar, dan suspensi independen di semua sudut.