Suzuki memulai bab baru dengan Swift 2005 dan merancangnya sebagai Hot-Horts Sporty, Segmen Kota meskipun tidak menawarkan pertunjukan yang mendebarkan dalam versi lima pintu. Untuk beberapa pasar, Swift 2005 adalah yang pertama dari jenisnya, tetapi pembuat mobil Jepang membangun beberapa generasi sebelum itu, baik di Hongaria atau di Jepang. Di M., beberapa generasi itu sebagian besar dikenal sebagai Geo Metro atau Pontiac Firefly. Mungkin mereka tidak sempurna atau diinginkan, tetapi mereka pasti ada dan tidak dapat diabaikan. Tetapi model 2005 adalah langkah maju utama untuk Suzuki, dan itu mengubah segmen kota. Dengan bentuk bulat dan lampu depan vertikal, swept-back, Swift berdiri terpisah dari para pesaingnya karena rumah kaca yang tinggi dan panel pintu yang tinggi. Pilar-B-pillars yang berkulit hitam membuat mobil tampak seperti memiliki atap yang mengambang. Panjang 3,7 m (12,14 kaki) memenuhi syarat sebagai kendaraan kota, sedangkan wheelbase 2,4 m (7,8 kaki) hanya 10 cm (4 ") pemalu dari mk4 golf. Di belakang, desainer memasang lampu belakang di belakang panel seperempat, yang tampak seperti bahu. Di dalam, Suzuki menggunakan pengalaman Kei-car dan memasang kursi tinggi yang menyebabkan banyak ruang kaki untuk penumpang depan dan belakang. Meskipun sering dikritik untuk posisi mengemudi, sebagian besar dari Pelanggannya senang karena mereka lebih pendek dan bisa melihat dari ketinggian yang lebih besar daripada di sebagian besar kendaraan segmen kota lainnya. Di bawah tenda, Suzuki menawarkan pilihan tiga mesin. Versi turbo-diesel 1.3 liter dibawa dari Fiat. Sementara sebagian besar kendaraan menggunakan konfigurasi penggerak roda depan, Suzuki menyediakan sistem all-wheel-drive untuk pasar tertentu.