Suzuki memperkenalkan lineup Vitara pada tahun 1988 sebagai model 1989 bagi mereka yang mencari SUV ringan tetapi membutuhkan lebih banyak ruang dan kenyamanan daripada samurai yang kasar. Pembuat mobil Jepang tidak ingin menggunakan sasis lagi dan mencoba meningkatkan kenyamanan dan fitur di dalam kendaraan. Itu mengakibatkan salah satu SUV paling populer di segmen kompak dari awal tahun 90-an, vitara. Dirancang sebagai kendaraan unit-body, tersedia sebagai convertible hard-top tiga pintu atau dua pintu, vitara dikenal karena efisiensi bahan bakar dan bahan bakar yang membuatnya sangat berguna dalam lalu lintas perkotaan. Eksterior adalah campuran dari panel garis lurus dan melengkung. Desainernya memasang fender yang membesar di atas lengkungan roda untuk membuat mobil terlihat lebih berotot. Di belakang, lampu belakang kecil dipasang di atas bumper dilindungi oleh goresan parkir yang mengganggu. Di dalam, ada dua kursi yang nyaman di depan dan bangku kecil di belakang cocok untuk dua anak dewasa atau orang dewasa yang tidak terlalu tinggi. Mobil menyediakan ruang kaki terbatas, dan alasan utama ia menampilkan bangku adalah untuk memperluas trunk kecil. Bahkan, itu sangat kecil sehingga pembuat mobil tidak bisa menempatkan roda cadangan di dalam kendaraan. Di bawah kap, Suzuki memasang pilihan tiga mesin, tergantung pada pasar. Semuanya dipasangkan sebagai standar untuk transmisi 5 kecepatan. Kasus transfer memastikan sistem 4x4.