Toyota menjual generasi keenam Hilux di lebih dari 12 juta unit, menjadikannya model terlaris kedua dari jajarannya, sebelum memperkenalkan generasi ketujuh pada tahun 2005. Toyota membangun Hilux 2005 dengan tiga pilihan kabin: lajang, ekstra, dan dua kali lipat. Sementara taksi tunggal dirancang sebagian besar untuk kerja keras dan taksi ganda baik untuk keluarga, taksi tambahan berada di tengah, menyediakan area pemuatan yang lebih panjang daripada versi teratas dan lebih banyak kursi daripada model dasar. Seiring dengan generasi ketujuh, Toyota meningkatkan ukuran pikap lagi, dan taksi ekstra adalah 105 mm (4.1 ") lebih lama dari pendahulunya dan menampilkan tempat tidur panjang 1,805 mm (5,9 kaki), hampir satu kaki (285 mm) lebih lama dari Saudara empat pintu. Di depan, ia memakai lampu sudut sudut dengan sisi bawah dan atas bundar, berakhir ke sinyal belokan yang dipasang di sudut. Di dalam, pickup tidak bisa menyembunyikan tujuan utilitariannya karena dashboard terbuat dari plastik keras. Namun, pembuat mobil mencoba membuatnya terlihat lebih beradab, dengan trim perak di tumpukan tengah. Cluster instrumen menampilkan desain tiga-dial, dengan speedometer yang dipasang di tengah dan LCD di bagian bawah untuk odometer. Di bagian belakang, Toyota menginstal dua kursi lompatan kecil di mana seseorang dapat duduk di jarak pendek. Untuk membantu mereka mendapatkan lebih banyak udara, pembuat mobil memasang jendela pop-out. Seperti semua pendahulunya, Hilux 2005 dibangun di atas sasis tangga, tetapi itu menampilkan double- suspensi depan wishbone. Untuk lebih banyak comffor Wahana meja, itu menggunakan sistem kemudi rak dan pinion. Toyota memasang pilihan dua mesin untuk versi taksi ekstra, termasuk turbo-diesel baru dengan injeksi umum-rel yang menyediakan 102 hp. Ini menawarkannya dengan manual lima kecepatan dan case transfer dengan kisaran tinggi dan rendah.