Meskipun sudah umum bagi Volkswagen untuk menawarkan station wagon di segmen kompaknya, itu tidak biasa untuk menawarkan dua kendaraan berdasarkan pada platform yang sama dengan bentuk yang sama. Pada tahun 1997, Volkswagen memperkenalkan varian golf. Itu adalah gerobak stasiun pertama yang berbasis golf yang sukses. Juga, sejak generasi golf kedua, Volkswagen menawarkannya sebagai versi sedan tiga kotak bernama Vento. Pada tahun 1999, pembuat mobil Jerman memiliki ide yang tidak biasa dan mengubah nama dari Vento ke Bora dan mengirimkannya dalam bentuk gerobak stasiun. Pesaing langsungnya adalah varian golf. Terlepas dari fasia depan, ada sangat sedikit perbedaan antara kedua mobil yang dibangun oleh pembuat mobil yang sama. Untuk mencegah persaingan langsung, di beberapa pasar, Volkswagen hanya menawarkan salah satu dari mereka. Bora menjaga fasia depan yang sama dengan saus sedan, dengan lampu depan kuadrat. Di belakang, mobil menampilkan lampu belakang yang dipasang di sudut dan meninggalkan lubang lebar antara d-pillar untuk tailgate. Di dalam, ada beberapa perbedaan kecil antara varian bora dan varian golf. Sementara yang pertama dirancang untuk keluarga dan mencoba mencari lebih banyak kelas atas, yang terakhir masih didasarkan pada kendaraan yang sama untuk generasi muda. Di bawah kap, Volkswagen memasang berbagai pilihan mesin berkisar antara mesin turbo-diesel 1.9-liter 1.9 hp dan performer puncak VR6 yang mengirim 204 HP di semua sudut untuk versi Syncro VR6.