Golf GTI adalah golf yang seharusnya tidak ada, tetapi karena tim diam-diam mengembangkannya dan mengesankan manajemen VW, mereka memberikannya ok dan berganti golf selamanya. Secara teknis, golf GTI bukan Hot-Hatch pertama secara global, tapi itu yang pertama yang menikmati kesuksesan besar. Sementara Volkswagen berpikir itu akan menghasilkannya hanya dalam sekitar 5.000 unit, akhirnya membangun 462.000! Begitulah "hasilnya melebihi harapan" mencari Volkswagen. Huruf GTI mendukung hibah suntikan Turismo karena itu adalah golf bermesin dengan bahan bakar pertama, dan mesin 1.6 liter 100 HP mengesankan untuk saat-saat itu. Di luar, Golf 1 GTI tampak sangat mirip dengan sisa kisaran. Bodywork tiga pintu itu menggunakan fasia depan yang ditingkatkan dengan sekeliling merah untuk gril hitam. Lencana GTI Chrome mengambil tempatnya di sisi pengemudi. Karena Volkswagen melengkapi mobil dengan roda yang lebih luas, ia harus menginstal ekstensi lengkung roda hitam-plastik. Celemek hitam menggantikan panel metalik depan, sedangkan bumper plastik hitam menampilkan sinyal belokan. Di dalam, pembuat mobil memutuskan untuk menciptakan interior yang unik dengan jok terlihat tartan untuk kursi ember olahraga. Pola yang sama menutupi area tempat duduk untuk bangku belakang. Alih-alih tombol rutin, bulat, halus untuk tongkat roda gigi, desainer memasang bola seperti golf. Tetapi bagian penting dari mobil adalah drivetrain. Berat 810 kg (1,786 lbs) cukup rendah sehingga mobil dapat melakukan 0-100 kpj (0-62 mph) berjalan dalam waktu kurang dari sepuluh detik. Pada tahun 1979, Volkswagen memperkenalkan gearbox manual lima kecepatan sebagai standar pada GTI dan, tiga tahun kemudian, itu meningkatkan perpindahan menjadi 1,8 liter. GTI menunjukkan pembukaan tanah yang lebih rendah daripada sisa kisaran, dan suspensi lebih kaku, menghasilkan kendaraan penanganan yang ideal. Segera, itu menjadi kendaraan yang harus dimiliki untuk semua petrolhead dan menyulut revolusi Hot-Hatch.