Volkswagen memperkenalkan generasi kedua passat pada tahun 1981, dan itu menunjukkan peningkatan yang jelas di atas lineup golf dan pendekatan yang lebih dekat ke segmen ukuran menengah. Sementara pendahulunya tidak cocok untuk Fiat, Renault, atau Citroen, dimulai dengan generasi kedua, itu menutup celah dengan para pesaingnya dan, pada akhir karirnya, ia berhasil menyusul mereka. Pembuat mobil Jerman itu mengendarai ombak tinggi berkat konsep drive roda depan modern, sementara merek lain masih terjebak dengan sedan sekolah tua, roda belakang. Selain itu, itu tersedia untuk pertama kalinya dengan konfigurasi all-wheel-drive, bernama Syncro. Garis sudutnya, lampu persegi panjang besar, dan bumper plastik adalah tampilan segar di pasaran. Versi sedan tiga box bukan yang paling populer di pasar, tetapi dianggap sebagai kendaraan manajemen menengah yang sangat baik berkat interiornya yang laparnya. Segera, itu menjadi populer untuk keluarga juga. Volkswagen menginstal dua panggilan besar pada dasbor untuk speedometer dan tachometer dalam cluster instrumen sudut dan dua pengukur yang lebih kecil untuk suhu bahan bakar dan pendingin. Ada area dengan sepuluh lampu untuk sinyal giliran, bahaya, tekanan minyak, rem parkir, dan beberapa lampu peringatan penting lainnya di tengah. Volkswagen menawarkan passat pilihan mesin, baik diesel, dan bensin. Otonomi jarak jauh, lebih dari 1000 km (623 mil), menjadikannya salah satu mobil paling hemat biaya di pasaran. Keandalannya dan biaya berjalan rendah meningkat selama bertahun-tahun.