Volvo memperkenalkan 480 pada tahun 1986 sebagai hatchback sporty dan merupakan kendaraan roda depan pertama yang dirancang oleh pembuat mobil Swedia. Sementara segmen hatchback baru mulai menaklukkan segmen kompak, Volvo masih terjebak di sekolah mode lama, di mana para desainernya hanya menggunakan pensil dan penguasa untuk membuat mobil. 440 dan 760 hanya beberapa contoh, dan 480 berada di halaman yang sama. Proyek 480 dimulai pada tahun 1978, tetapi itu tidak dianggap sebagai prioritas oleh manajemen Volvo, dan itu ditunda hingga 1986 ketika mobil terakhir membuatnya ke Jenewa Motor Show. Semua orang kaget! Layak disebutkan bahwa Volvo tidak pernah memiliki kendaraan kecil seperti itu. Tapi itu adalah jenis kendaraan yang berbeda yang terbukti tidak sporty seperti yang dimaksudkan tetapi dapat diandalkan sebagai volvo lain dari era itu. Lampu pop-up dan lampu stasioner tetap dalam bumper plastik yang dibungkus menunjukkan jauh lebih baik daripada sebagian besar pesaingnya. Dengan arsitektur tiga pintu dan tailgate yang dipindahkan, itu menciptakan tampilan yang sporty. Di dalam, 480 adalah Volvo Teraneh yang pernah dibangun untuk saat ini. Itu menawarkan dua kursi di depan dan dua kursi individu di belakang. Cluster instrumen lebar menutupi tumpukan tengah juga, di mana pembuat mobil termasuk sistem audio, ventilasi, dan beberapa pengukur untuk turbocharger, ammeter, dan tekanan minyak. Pengukur konsumsi bahan bakar instan dan rata-rata berdiri di sebelah kanan speedometer di panel instrumen. Itu adalah fitur yang tidak biasa untuk mobil 1986. Di bawah kap, Volvo memasang mesin bersumber Renault dengan atau tanpa turbocharger. Versi paling kuat menawarkan 120 hp, cukup untuk menjatuhkan waktu 0-100 kpj (0-62 mph) di bawah sepuluh detik.