Volvo memiliki tradisi panjang dalam gerbong stasiun bangunan, tetapi 850 R berbeda dari apa pun yang pernah dilakukan oleh pembuat mobil Swedia. Ketika Volvo memproduksi versi R, itu masuk ke Kejuaraan Mobil Touring Inggris dengan stasiun-wagon. Itu adalah satu-satunya kendaraan dengan bentuk tubuh itu, dan penyelenggara harus mengubah aturan, sehingga merek Swedia harus beralih ke versi sedan pada tahun 1995. Meskipun itu tidak memenangkan perlombaan dengan perkebunan 850r, itu membuat Kesan yang sangat baik, dan penjualan meningkat. Bahasa desain baru yang diperkenalkan oleh 850 sedan pada tahun 1992 mengejutkan semua orang. Tudung miring, tepi bulat, dan kaca depan melengkung hanyalah beberapa elemen yang membuat 850 begitu istimewa dalam sejarah Volvo. Garis atapnya yang panjang mirip dengan gerobak stasiun lain yang diproduksi oleh pembuat mobil Swedia, tetapi atap-spoiler di bagian atas baknya berbeda. Itu lebih dari sayap daripada hanya bibir. Di dalam, karena sistem penggerak roda depan, itu tidak sempit lagi di depan. Karena itu adalah versi khusus, Volvo memasang kursi olahraga di depan dan menyimpan bangku yang sama di belakang seperti pada sisa lineup stasiun-wagon, tetapi menggunakan bahan yang lebih baik. Dasbor masih dalam desain gaya kubik, dengan tumpukan pusat besar. Di bawah kap, Volvo menempelkan mesin turbocharged lima silinder yang menyediakan 240 hp. Transmisi standar adalah manual lima kecepatan dan daya dikirim ke roda depan. Tidak seperti saudara kandungnya yang kurang bertenaga, perkebunan 850R menampilkan suspensi kaku dan roda paduan cahaya yang lebih luas.