Akhirnya Honda CBR600RR Mengaspal, Harganya Dibanderol Rp 224 Jutaan
Sepeda motor sport dengan fairing terbaru Honda CBR600RR generasi terbaru akhirnya dilaunching di Jepang, Jumat (21/8/2020).
Sebelumnya pihak Honda memang sudah membocorkan mengenai sepeda motor terbarunya ini meski dengan spesifikasi tak lengkap.
Melalui peluncuran ini, Honda benar-benar membuka tudung dari Honda CBR600RR dan mengumbar spesidikasi dari sepeda motor terbarunya ini.
Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ada beberapa bagian yang mendapat pembaharuan di sepeda motor ini.
Salah satunya adalah upgrade camshaft dan crankshaftnya yang mendongkrak performa dari sepeda motor dengan mesin empat silinder ini.
Selain itu tampilannya juga semakin segar serta kekinian yang membuatnya cukup berbeda dengan pendahulunya.
Mari kita bahas satu persatu spesifikasi Honda CBR600RR generasi terbaru.
Tampilan
Dari tampilannya, Honda CBR600RR tampak semakin sporty dengan desain barunya.
Pada bagian depan dan samping Honda CBR600RR memang mendapat banyak ubahan.
Jika dilihat sepintas, mirip sekali dengan Honda CBR1000RR-R yang juga varian flagship Honda namun dengan mesin yang lebih besar.
Terlihat lampu depan Honda CBR600RR yang menggunakan empat buah proyektor terlihat sangat sipit, jauh lebih kecil dbandingkan model lamanya.
Namun jika diperhatikan sekilas, desain lampu sein Honda CBR600RR yang sudah menggunakan LED ini malah mirip dengan model disematkan pada Honda CBR250RR dan terlihat lebih kompak.
Selain itu ada tambahan winglet di samping kiri dan kanan lampu utama menambah kemiripan di antara keduannya.
Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perubahan pada fairing bagian depannya ini membuat tampang Honda CBR600RR terlihat semakin sporty.
Namun untuk bodi belakang yang dimiliki sepeda motor sport ini masih sama seperti model sebelumnya.
Sepeda motor ini nampak masih menggunakan knalpot model undertail dengan lampu belakang yang tipis yang juga sudah menggunakan LED.
Selain itu swing arm yang digunakan juga tak ada perubahan, sama dengan generasi sebelumnya.
Hal ini membuat drag coefficient atau CD dari sepeda motor sport fairing ini semakin rendah dan semakin aerodinamis.
Desain baru ini dipercaya dapat meningkatkan aerodinamika Honda CBR600RR baik di jalanan maupun di trek sirkuit.
Mesin
Beralih membahas bagian dapur pacu sepeda motor sport dengan fairing ini menggunakan mesin bensin berkubikasi 599 cc empat silinder segaris dual over head camshaft atau DOHC yang menggunakan pendingin cairan.
Sistem camshaft ini baru yang disematkan Honda pada CBR600RR lantaran mereka sebelumnya menggunakan single overhead camshaft atau SOHC.
Selain itu ada juga pembaharuan pada crankshaft Honda CBR600RR yang dikombinasikan dengan peningkatan dari intake dan efisiensi knalpotnya.
Mereka meningkatkan ukuran diameter throttle yang dioptimasi dengan lekukan serta ukuran knalpot.
Hasilnya motor ini memiliki tenaga hingga 121 PS pada 14.000 rpm dengan torsi puncak hingga 64 Nm di putaran mesin 11.500 rpm dengan suplai bahan bakar injeksi.
Tenaga Honda CBR600RR jauh meningkat dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 108 PS saja.
Begitu halnya dengan torsi yang dihasilkan. Honda CBR600RR sebelumnya hanya memiliki torsi sebesar 60 Nm.
Elektronik
Dibagian komponen elektronik, teknologi yang disematkan pada sepeda motor sport fairing Honda CBR600RR terbilang cukup mumpuni.
Untuk mendukung pengendara dalam mengemudikan dang mengkontrol sepeda motor, Honda menyematkan sistem Throttle by Wire System atau TBW.
Sistem ini dapat membantu mengontrol valve dari katup gas lebih presisi sehingga kinerja valve lebih maksimal.
Selain itu ada juga Inertial Measurement Unit atau IMU yang dapat membaca postur tubuh pengendara melalui sistem ABS yang menjadi standar sepeda motor berkubikasi besar seperti ini.
Lalu ada juga pilihan mode berkendara yang dapat dipilih pengendara secara manual lengkap dengan Honda Selectable Torque Control atau HSTC dimana fitur ini dapat memberikan pengendara pilihan dalam menikmati perjalanan tergantung situasi berkendara.
Untuk melengkapinya, Honda menyematkan layar full colour TFT LCD di panel instrument.
Harga
Sepeda motor sport fairing terbaru Honda ini hanya ditawarkan dengan pilihan warna tricolor Grand Prix Red yang merupakan perpaduan dari warna merah, biru dan putih yang juga ada pada Honda CBR1000RR-R.
Honda CBR600RR dibanderol seharga 1.606.000 Yen atau setara dengan Rp 224 jutaan. (Kurs 1 Yen = Rp 139,69 per 22 Agustus 2020)
Tapi perlu diingat, harga tersebut belum termasuk pajak dan biaya lain-lain ya.
Honda juga menawarkan tambahan quick-shifter untuk sepeda motor sport fairing ini dengan biaya 26.850 Yen atau sekitar Rp 3,7 jutaan.