All New Honda CB150R Streetfire 2021 Andalkan Mesin Lama, Begini Performa dan Konsumsi BBM-nya
Harry · 6 Mei, 2021 14:00
0
0
Hari Rabu (5/5/2021) kemarin, secara virtual PT Astra Honda Motor (AHM) merilis naked sport bike 150 cc mereka yakni All New Honda CB150R Streetfire 2021. Motor tersebut merupakan produk andalan Honda untuk segmen sport naked 150 cc.
Penampilannya berubah cukup signifikan yang mengedepankan desain ala big bike. Hal ini terlihat pada bodi depan dengan bentuk lebih gagah dan berotot dengan perubahan pada tangki bahan bakar.
Kini tangki bahan bakarnya ditutupi cover bodi plastik sehingga bisa menampilkan lekuk bodi yang berotot. Bodi penutup tangki tadi dibuat utuh tanpa sambungan hingga panel samping motor.
Kesan tersebut diperkuat dengan bentuk shroud tangki yang lebih besar dengan lekuk agresif. Selain memberikan kesan besar, shroud ini juga menutupi radiator dengan lebih baik.
Yang tak ketinggalan tentu penggunaan suspensi depan upside down SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) dari Showa. Dengan diameter 37 mm, komponen peredam kejut satu ini semakin menguatkan sensasi big bike pada motor ini.
Andalkan Mesin Lama
Namun update pada generasi terbaru Honda CB150R Streetfire kali ini berfokus pada penampilannya. Sisi teknis tak banyak disentuh, mesin yang menjadi sumber penggeraknya masih memiliki spesifikasi yang sama dengan model sebelumnya.
Spesifikasinya 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan yang dipadu transmisi manual enam percepatan. Sistem injeksi bahan bakar PGM-FI tentu menjadi andalannya, dan telah dilengkapi pendingin cairan.
Kapasitas mesinnya 149,16 cc berkat paduan piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Rasio kompresinya sendiri terbilang cukup tinggi diangka 11,3 : 1.
Akselerasi Impresif
Perkara akselerasi, mesinnya ini memang dikenal responsif dan cocok untuk penggunaan harian di jalanan yang padat. Torsinya sangat kuat pada putaran rendah sampai menengah.
Dari hasil pengetesan yang dilakukan AHM, untuk menempuh jarak 0-200 meter, Honda CB150R Streetfire terbaru ini hanya membutuhkan waktu 10,5 detik saja. Akselerasinya memang impresif, terlebih ada pengurangan bobot motor keseluruhan.
Dengan karakter mesinnya ini, bisa dikatakan Honda CB150R Streetfire terbaru sangat pas digunakan di jalanan yang cenderung padat dan stop & go, serta jalanan menanjak yang membutuhkan akselerasi awal yang kuat.
Konsumsi Bahan Bakar
Bukan Honda namanya jika tak memikirkan efisiensi bahan bakar. Pada model terbaru ini capaian konsumsi bahan bakarnya pun cukup memuaskan dengan raihan 40,5 km/liter.
Angka tersebut dicapai berdasarkan pengetesan internal yang dilakukan oleh AHM, dengan menggunakan metode pengetesan ECE R40 dengan standar Euro 3. Irit bukan?
Harga All New Honda CB150R Streetfire 2021
Seperti generasi sebelumnya, motor ini ditawarkan dengan dua varian yakni Standard dan Special Edition. Yang membedakan keduanya dari fisik adalah penggunaan under cowl dan pilihan warnanya.
Untuk varian Standard ditawarkan dalam dua warna yakni macho black dan stinger red black yang dilabeli harga Rp 29,7 juta. Kemudian untuk varian Special Edition hadir dengan tiga pilihan warna yakni fury matte red, raptor matte black dan armored matte grey dengan harga Rp 30,7 juta on the road Jakarta.
Kesimpulan
Jika Anda berharap banyak ada perubahan pada mesin yang digunakan oleh Honda CB150R Streetfire terbaru ini, tentu Anda akan kecewa. Namun AHM memiliki sejumlah alasan kenapa mesin ini masih tetap diandalkan, salah satunya karena performanya masih memuaskan.
Kemudian konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit, untuk penggunaan sehari-hari tentu akan membantu menekan pengeluaran rutin untuk pembelian BBM. Dan sebagai catatan, pedal kick starter dihilangkan dan untuk menghidupkan mesin praktis hanya melalui starter elektrik saja.
Bagaimana, apakah perubahan pada Honda CB150R Streetfire ini sudah memuaskan Anda?
Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021
DIMENSI
Dimensi (P x L x T)
2.024 x 796 x 1.083 mm
Jarak sumbu Roda
1.298 mm
Jarak terendah ke tanah
164 mm
Ketinggian tempat duduk
795 mm
Berat kosong
134 kg & 135 kg (SE)
RANGKA
Rangka
Diamond (Truss) Frame
Suspensi depan
Upside down, SFF-BP
Suspensi belakang
Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil