Aprilia yang merupakan bagian dari Piaggio Group pekan lalu merilis RS 660. Supersport menengah ini pertama kali diperkenalkan pada ajang EICMA 2018 dalam bentuk konsep dan ditampilkan kembali di EICMA 2019 dengan versi produksi massalnya.
Motor ini cukup menyita perhatian banyak penggemar otomotif karena selain mempunyai wujud sangar yang eksotis, motor ini juga dibekali mesin parallel-twin 660cc yang diusung dikembangkan dari mesin RSV4 1100 Factory dan Aprilia Tuono 1100.
Perlu diketahui, pasar motor sport 600cc secara global sempat redup akibat beberapa brand diantaranya tak lolos Euro4 teknologi mesinnya. Salah satunya Honda CBR600 yang sempat berhenti produksinya pada 2016 silam, dan kini di tahun 2020 hadir kembali dengan mesin baru dan penyegaran bodinya.
Aprilia RS 660 Jadi Motor Sport Paling Ditunggu?
Kehadiran Aprilia RS 660 bisa jadi sangat ditunggu oleh biker penyuka kecepatan. Pasalnya, RS 660 berada di kelas motor sport menengah yang sangat diminati di banyak negara. Harga yang dianggap relatif lebih terjangkau dibanding motor sport bermesin 1000cc, namun memiliki tenaga yang besar untuk memuaskan penggila motor sport dianggap paling pas untuk menikmati jalan raya.
Aprilia RS 660 Punya 5 buah riding mode?
Motor ini mempunyai 5 buah riding mode, dimana 2 riding mode dipersiapkan untuk penggunaan sirkuit, sedang 3 lainnya untuk penggunaan jalan raya.
Riding mode itu diatur lewat komponen elektronik canggih, serta sudah dikawal Inertial Measurement Unit (IMU) untuk menjaga stabilitas dan pengendalian motor di tikungan.
Apa Saja Fitur Aprilia RS 660?
RS660 ini juga tak kalah canggih dengan kompetitor sekelasnya. Sebut saja mulai dari mekanisme ride by wire, kemudian terdapat IMU platform inersia 6 sumbu, rangkaian APRC yang mencakup ATC (kontrol traksi, AWC (kontrol wheelie), AEB (rem mesin), AEM, ACC (cruise control), QUICK SHIFTER dan juga 5 mode berkendara. Tak ketinggalan lampu serba LED juga panel speedometer yang futuristik.
Motor Apa Saja Pesaing Aprilia RS 660?
Di pasaran, Aprilia RS 660 bersaing dengan Honda CBR600, Kawasaki ZX-6R, Yamaha R6 hingga Triumph Daytona 675. Meski begitu, RS 660 mempunyai keunikan tersendiri karena motor ini mempunyai mesin hanya 2 silinder, berbeda dengan para pesaingnya yang sudah mengandalkan mesin 4 silinder.
Jika dipasarkan di Indonesi, Aprilia RS 660 pun pun berhadapan langsung dengan para pemain yang sudah lebih dulu meramaikan pasar Indonesia, meski beberapa diantaranya dikategorikan tipe naked bike. Ada Kawasaki Ninja 650 (dua silinder), Honda CB650F, Honda CBR650F, Kawasaki Versys 650, dan Suzuki V-Strom 650.
Aprilia RS 660 Punya DNA Balap?
Pada awal kemunculannya saat versi konsep, RS 660 masih menyimpan rahasia karena belum terungkap jelas tentang detail spesifikasinya. Baru setelah hadir versi produksi massalnya pada EICMA 2019, sedikit demi sedikit mulai tersebar informasinya.
Aprilia RS 660 menggunakan mesin twin sejajar (Inline). Motor ini juga diklaim sudah lolos regulasi Emisi Euro 5 dengan menggunakan platform dari Aprilia RSV4 1100cc. Hanya saja bagian depannya saja alias sepasang doang yang dipakai untuk mesin RS 660. Konfigurasi mesin ini disebut ‘forward-facing parallel-twin’.
Sebagai informasi, Aprilia RSV4 sempat menjuarai World Superbike Championship pada tahun 2009. Kala itu, pengendaranya Max Biaggi berhasil naik podium sembilan kali dan memenangkan Superbike World Championship di sirkuit Brno. Sepanjang tahun 2010 – 2014, RSV4 berjaya pada sejumlah kompetisi balap. Total ada 18 gelar juara yang diperoleh. Gelar juara terbanyak diraih Aprilia tahun 2014 yaitu 11 gelar juara.
Bagaimana Popularitas Aprilia di Indonesia?
Aprilia resmi hadir di Indonesia pada tahun 2015 di bawah naungan PT Piaggio Indonesia. Sama seperti dari negri asalnya Italia, selain Aprilia, Piaggio Indonesia juga membawahi brand kenamaan lain Vespa, Piaggio dan Moto Guzzi.
Menilik dari sejarahnya, Aprilia memang cukup legendaris. Produsen sepeda motor ini didirikan di Noale, Italia oleh Cavaliere Alberto Beggio usai Perang Dunia II. Tepatnya pada tahun 1945. Tahun 1977, Aprilia berhasil menghantarkan pembalap Ivan Alborghetti ke posisi satu dalam sebuah kejuaraan. Ini adalah titik tolak yang menandai sejarah panjang kemenangan Aprilia di sirkuit balap.
Sedangkan di Indonesia, Aprilia mewakili Piaggio sebagai model yang menyediakan motor sport dengan mesin super kencang. Produk Aprilia terakhir yang diluncurkan di Indonesia yakni Shiver 900 yang mempunyai desain naked bike.
Kapan Aprilia RS 660 Dijual di Indonesia?
PT Piaggio Indonesia termasuk salah satu agen pemegang merek (APM) yang rajin hampir setiap tahun meluncurkan produk baru yang dipegangnya, baik itu Vespa, Piaggio, Moto Guzzi termasuk Aprilia. Belakangan, Piaggio Indonesia gencar menghadirkan varian Vespa special edition series meski saat ini sedang pandemi Covid-19.
Acara EICMA pun selalu menjadi indikator kehadiran produk baru yang akan dihadirkan Piaggio Indonesia. Beberapa motor yang diniagakan oleh Piaggio Indonesia pun terbukti sebelumnya lebih dulu muncul di arena EICMA.
Beberapa waktu lalu pun pihak Piaggio Indonesia menyebutkan masih ada banyak lagi motor-motor baru yang akan diluncurkan di Indonesia. Tak mustahil salah satu diantaranya adalah Aprilia RS 660.