BMW Motorrad melakukan upgrade produk-produk andalannya. Kali ini mereka merilis R 1250 RT model 2021, yang merupakan sebuah motor touring kelas atas. Tak hanya desain, ia hadir dengan peningkatan fitur-fitur yang makin canggih. Sejumlah peranti teknis untuk mencapai pengalaman berkendara juga diperbarui. Termasuk Dynamic Cruise Control dan teknologi timing katup variabel ShiftCam.
Selama lebih dari empat dekade, R 1250 RT telah menjadi tolok ukur dan begitu melekat pada lini model turing-nya di dunia. RT sendiri merupakan singkatan dari reisetourer yagn diambil dari bahasa Jerman atau travel tourer. Artinya motor ini memang dirancang untuk menunjang perjalanan jauh. Modelnya pun dinamis dan selalu mengikuti perkembangan zaman.
Tipe ini juga memadukan kenyamanan dan kesenangan berkendara ditambah dukungan performa mumpuni. Atas dasar itu, BMW Motorrad menghadirkan inovasi dengan fitur-fitur terkini yang disematkan untuk BMW R 1250 RT.
“Kami telah memberikan R 1250 RT tampilan baru, peningkatan menyeluruh pada perlengkapan standar dan banyak peningkatan teknis untuk mencapai pengalaman berkendara yang benar-benar baru. Dengan ditanamkannya teknologi mesin BMW Shiftcam, seorang peturing sejati bakal terpuaskan ambisinya karena tenaga yang dihasilkan telah tercapai di seluruh rentang kecepatan,” kata Harald Spagl, Project Manager BMW Motorrad dalam siaran resminya, Selasa (20/10).
Tampilan depannya berubah jadi lebih agresif, berkat penggunaan lampu desain terbaru. Kontras dari model yang saat ini beredar dengan headlmap yang tampak melotot. Di dalamnya sudah dibenamkan 4 buah LED projector. Lampu utama dengan imbuhan diode itu sekarang mendapat opsi 'Adaptive Turning Light'. Hadirnya teknologi itu membuat sorot cahaya mengikuti arah setang, baik berbelok atau pun jalan lurus
Selain model lampu, lekuk bodi depan yang berukuran besar kini banyak garis-garis tegasnya. Jadi semakin berkesan kokoh dan tangguh. Semua diracik ulang untuk memberikan efek aerodinamika lebih baik. Posisinya juga dibuat lebih rendah dibanding pendahulunya, supaya rider mendapat visibilitas lebih luas.
Bodi samping kini ada semacam sirip kecil tepat di bawah logo baling-baling khas BMW. Layaknya motor turing, R 1250 RT dibekali tangki berkapasitas besar, pahatannya menyatu dengan bodi depan. Mundur ke belakang, terdapat jok besar untuk riding sendiri atau berdua, rak untuk meletakkan barang serta sepasang side case.
Di balik windshield sekarang terdapat cluster instrumen multifungsi dengan layar TFT 10,25 inci full color. Bisa terkoneksi dengan smartphone dan terintegrasi dengan peta navigasi. Jadi pemiliknya tidak memerlukan aksesori tambahan untuk menemani perjalan jauh. Berkat layarnya yang lebar, menu yang tersedia dapat terlihat sangat jelas. Fitur ini pun menempatkan R 1250 RT baru di puncak jajaran sepeda motor produksi BMW Motorrad.
Berkat adanya fitur konektivitas, opsi lain yang coba ditawarkan pabrikan yaitu “Comfort telephony with extended smartphone connection”. Jadi ponsel cerdas pengendara dapat ditempatkan dengan aman di kompartemen penyimpanan yang terlindung dari percikan air dan kipas angin listrik. Sekaligus bisa untuk mencharger karena sudah diberikan USB port. Kemudian saat riding jauh, pengendara dapat poin kenyamanan lebih karena BMW membenamkan sistem audio 2.0, yang punya suara lebih jernih dari model sebelumnya.
Kemudian sudah terpasang fitur Active Cruise Control, yang menggunakan radar untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Teknologi ini disebut BMW sebagai Dynamic Cruise Control. Kinerjanya digabungkan dengan rem yang bisa berfungsi secara otomatis. Selanjutnya ada Pro Riding Modes, yang salah satunya ada mode berkendara 'ECO' untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar secara maksimal.
Untuk menjaga roda belakang selip saat melakukan downshift secara cepat, terdapat fitur MSR yang memang sudah diterapkan pada beberapa motor BMW. Ada lagi Dynamic Engine Brake Control untuk mengatur kekuatan engine brake. Kemudian diberikan fitur BMW Full Integral ABS Pro yang kini menjadi peranti standar. Berfungsi untuk mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan saat tuas rem tangan dan kaki digunakan. Makin sempurna karena dipadukan dengan komponen ABS Pro, dapat mengoptimalkan sudut dan distribusi gaya pengereman yang dinamis untuk memberikan pengereman yang sempurna.
Berkat teknologi sensor radar, pengendara tidak perlu khawatir karena motor dapat menyesuaikan kecepatan jalan dengan kendaraan di depan. Boleh dibilanng, versi RT baru menjadi sepeda motor pertama dalam jajaran produk Bavarian yang menerima radar, mendekati teknologi yang sudah diterapkan Ducati.
Urusan mesin masih sama dengan pendahulunya. Penggerak mekanis tipe flat twin atau boxer yang diusung punya kubikasi 1.254 cc. Tenaga yang mampu diraihnya mencapai 136 dk pada putaran 7.750 rpm, serta torsi puncak sampai 142,3 Nm pada putaran 6.250 rpm. Selain itu dirinya telah memenuhi regulasi Euro 5 di beberapa negara. Konfigurasi tersebut juga dibekali teknologi BMW Shiftcam, yang memvariasikan waktu buka dan tutup katup pada intake, mampu memuaskan pecinta kecepatan di semua putaran mesin.
Untuk New R 1250 RT, selain menghadirkan versi warna dasar Alpine White 3, juga menyediakan varian Style yang makin disempurnakan dalam 'balutan' tipe Elegance, Sport dan Option 719.