Harga Suzuki Gixxer SF 250 2021 Rp Rp 59 Jutaan di Thailand, Indonesia Jadi Target Selanjutnya!
Harry · 30 Mar, 2021 17:00
0
0
Suzuki Motor Thailand secara resmi mengenalkan Suzuki Gixxer SF 250 2021 pada gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021. Motor sport 250 cc tersebut dijual dengan harga 128.800 bath atau sekitar Rp 59,7 jutaan.
Indonesia sendiri disebut-sebut akan menjadi target selanjutnya, sebagai negara yang ikut memasarkan motor ini. Suzuki Gixxer SF 250 merupakan motor sport full fairing, yang menawarkan kenyamanan berkendara.
Hal ini ditandai dengan letak setang yang cenderung tinggi, bukan underyoke yang membuat posisi berkendara jadi merunduk. Seperti apa detail dari motor ini?
Penampilannya mewariskan garis desain Suzuki GSX Series, dengan penggunaan lampu tunggal yang kini sudah LED. Lampu depan tadi memiliki empat buah titik LED yang membagi penerangan untuk jarak dekat dan jarak jauh.
Penampakan fairing hingga bagian tangki tak terlalu banyak lekuk-lekuk agresif. Penampilannya terlihat ringkas tanpa mengesampingkan unsur sporty dari sebuah motor sport.
Sedangkan buritan motor ini dibuat menjulang, lebih tinggi dari posisi duduk pengendara dengan jok terpisah. Sebagai perlindungan pembonceng, disediakan mud guard yang sudah menjadi standar agar terhindar dari cipratan kotoran roda.
Sosoknya memang lebih condong pada sebuah motor sport touring, dengan setang upperyoke yang nyaman untuk digunakan harian atau pun jarak jauh. Hanya saja desain yang dimilikinya akan sedikit kontroversi dengan selera konsumen Indonesia.
Di luar itu semua, fitur dan kelengkapan yang dimilikinya sudah cukup mumpuni. Seperti lampu depan dan belakang LED, kemudian panel meter full digital, rem ABS (Anti-lock Braking System) dan Easy Start System.
Dapur Pacu Silinder Tunggal
Tidak seperti merek lain yang andalkan mesin dua silinder segaris, Suzuki Gixxer SF 250 2021 mengandalkan jantung mekanis silinder tunggal. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, injeksi dengan pendingin oli.
Kapasitas mesinnya mencapai 249 cc berkat paduan piston 76 mm dan langkah piston 54,9 mm. Output tenaga maksimal yang bisa dicapai hingga 26,5 PS pada putaram 9.300 rpm, serta torsi puncak hingga 22,2 Nm pada 7.300 rpm.
Penyaluran tenaga dan torsi mesin menuju roda melalui transmisi manual enam percepatan. Sayangnya mesin ini relatif minim fitur, seperti absennya Assist & Slipper Clutch yang mulai marak digunakan untuk motor-motor kecil.
Peluang Masuk Indonesia
Sudah cukup lama penggemar Suzuki menunggu produk baru yang mampu menggebrak pasar roda dua tanah air. Namun kabar Suzuki Gixxer SF 250 yang akan muncul, justru ditolak mentah-mentah. Motor ini dianggap terlalu selera India.
Ya karena motor ini memang sudah lebih dulu mengaspal di India sejak 2020 lalu, dengan harga Rp 31,6 sampai Rp 33,9 jutaan. Desainnya dianggap tak 'masuk' dengan selera konsumen Indonesia.
Namun apa boleh buat, kehadirannya justru nampak semakin dekat. Hal ini ditandai dengan munculnya NKJB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) di daftar Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri).
Dalam daftar tersebut, tertulis NJKB dari Suzuki Gixxer SF 250 ini sebesar Rp 34,5 juta. Murah? Iya karena itu adalah harga dasar motor, belum ditambah dengan segala macam pajak, margin dealer dan lain sebagainya.
Suzuki Gixxer SF 250 nampak diproyeksikan sebagai motor produk global. Setelah Thailand, beberapa negara Asia lainnya akan menjadi tujuan berikutnya, dan kemungkinan besar termasuk Indonesia.
Suzuki nampak ingin bermain disegmen yang berbeda, dengan menawarkan motor sport fairing, mesin silinder tunggal dan posisi berkendara nyaman. Jika hadir di Indonesia, akan bersaing dengan Kawasaki Ninja 250SL.
Tentu untuk bisa menarik minat konsumen, rasanya pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) harus cermat menentukan harganya. Jika terlalu mahal, tentu konsumen akan lebih memilih produk lain yang andalkan mesin dua silinder inline.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil