Honda sudah resmi meluncurkan generasi terbaru dari CBR1000RR. Kali ini, mendapat tambahan R lagi di belakangnya, menjadi CBR1000RR-R Fireblade SP. Motor supersport Honda ini memiliki performa tinggi, pengendalian yang lebih baik, sensasi berkendara layaknya motor balap, dan fitur yang canggih tentunya.
CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 terinspirasi dari motor balap Honda di MotoGP, yakni RC213V dan versi legalnya RC213V-S.
Untuk lebih jelasnya performa, fitur, dan teknologi apa saja yang diturunkan dari MotoGP, kami mencoba menjawab pertanyaan seputar CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 yang beberapa waktu lalu sudah resmi meluncur, dari beberapa sumber informasi.
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 Terinspirasi dari RC213V dan RC213V-S?
Ada banyak komponen yang sama persis pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 seperti yang digunakan pada RC213V. Tak hanya dari segi performa atau sektor mesinnya saja, tapi juga ada beberapa fitur dan teknologi lainnya yang diturunkan langsung oleh Honda dari MotoGP.
Bagian Apa Saja pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 yang Sama Persis seperti RC213V dan RC213V-S?
Honda menyematkan cukup banyak bagian yang sama seperti RC213V. Dari bagian luarnya, fairing Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 terdapat winglet di sisi kanan dan kirinya. Penggunaan winglet dipopularkan di ajang balap MotoGP. Fungsinya adalah menambah downforce, sehingga motor tetap stabil saat berakselerasi atau melaju kencang saat keluar dari tikungan.
Di bagian mesin, ukuran diameter dan Langkah pistonnya sama persis dengan RC213V. Diameter pistonnya berukuran 81 mm dan langkahnya 48,5 mm. Untuk pistonnya, menggunakan material aluminium A2618, sama seperti RC213V. Sehingga, rpm-nya lebih tinggi. Piston tersebut lebih ringan sekitar 5 persen dibanding piston pada CBR1000RR, meskipun diameternya lebih besar.
Di bagian connecting rod atau setang seher, Honda juga mengandalkan material titanium dan desain yang sama, seperti pada RC213V-S. Komponen ini bobotnya lebih ringan 50 persen dibanding yang menggunakan material baja.
Persamaan berikutnya ada pada system pengereman. Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 dibekali kaliper rem belakang yang sama seperti RC213V-S.
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 Dibekali 3 Mode Berkendara?
Untuk menyesuaikan kebutuhan dari pengendaranya, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 dilengkapi dengan 3 mode berkendara. Masing-masing mengubah tenaga yang dikeluarkan mesin dan karakter mesin. Power (P) bisa dioperasikan dengan tingkatan 1-3, dan level 1 sebagai tingkatan yang paling besar tenaganya. Engine Brake (EB) mengatur performa saat gas ditutup dan terdapat tingkatan 1-3, dengan level 1 yang paling kuat engine brake-nya. Sedangkan Wheelie (W) juga terdapat tingkatan 1-3, dan level 1 yang paling rendah intervensinya. Selain itu, ketiga mode berkendara tersebut juga akan mengatur level untuk control torsi Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan suspense, masing-masing 1-3 tingkatan.
Tenaga Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 Tembus 214,5 hp?
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 dibekali dengan mesin DOHC berkapasitas 999 cc, 4-silinder segaris, 16-katup, berpendingin cairan, dengan rasio kompresi 13:1. Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga maksimum hingga 214,5 hp pada 14.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 113 Nm pada 12.500 rpm. Sebelumnya, CBR1000RR hanya sanggup hasilkan tenaga hingga 189 hp.
Selain ubahan pada setang seher atau material piston, bagian camshaft atau noken as diberi lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC). Teknologi tersebut mampu mengurangi friksi atau gesekan hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC.
Banyak Fitur Canggih yang Disematkan pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021?
Cukup banyak peranti elektronik penunjang performa dan keamanan serta kenyamanan motort tersebut. Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 tetap dilengkapi dengan system bukaan gas (throttle) melalui electrical wire yang presisi, atau yang akrab disebut Throttle-By-Wire (TBW).
Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi sepeda motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bersinergi dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, dan soft) , berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.
Wheelie Control mencegah Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 terangkat ban depannya karena berakselerasi terlalu tinggi. Hal ini masih ditambah lagi dengan Rear Lift Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena rem terlalu dalam.
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 semakin naik kelas, adanya fitur Start Mode. Fitur ini menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan saat melakukan start. Sehingga, pengendara dapat berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal. Peranti ini mampu membatasi putaran mesin maksimal sesuai keinginan, antara 6.000 rpm hingga 10.000 rpm.
Fitur Assist & Slipper Clutch menjadi peranti standar Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021, untuk memperingan pengoperasian kopling dan menghilangkan efek ban terkunci saat terjadi engine brake karena pengurangan gigi. Motor supersport Honda ini juga dibekali Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi naik-turun semakin cepat.
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 juga sudah menggunakan Smart Key. Sehingga, area segitiga di setang terlihat seperti motor balap pada umumya yang tidak menggunakan kunci.
Panel Meter Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 Makin Canggih?
Semua informasi pada panel meter ditunjukkan dengan versi full digital dari layar TFT berwarna. Tampilannya bisa diubah dan dipilih lima mode display sesuai selera dan kebutuhan pengendara. Informasi yang ditampilkan juga beragam, mulai dari penunjuk kecepatan, penunjuk waktu, odometer, fuel meter, tachometer, temperatur mesin, shifter setting, ABS level, posisi gigi persneling, dan masih banyak lagi lainnya.
Teknologi Baru Apa yang Ada pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021?
Banyak teknologi baru yang disematkan pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021. Selain ubahan yang terinspirasi dari motor MotoGP RC213V dan versi legalnya RC213V-S, ada satu lagi teknologi yang baru pada mesinnya. Motor ini dibekali Built-in Bottom Bypass, system sirkulasi air pendingin yang dialirkan langsung dari radiator tepat menuju komponen utama “water jacket”. Selain itu, terdapat pula “New Multi-point Piston Jet”. Teknologi ini mampu menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari berbagai arah. Sehingga, temperatur piston tetap terjaga dan mengurangi gesekan berlebih.
Apa Keunggulan Kaki-kaki Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021?
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 sudah dilengkapi dengan suspense depan upside-down dari Ohlins Smart-EC. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 menggunakan Pro-Link with Gas Chamber Showa Smart-EC. Semua bisa diatur melalui mode berkendara, karena sudah terintegrasi, mulai dari preload, rebound, dan juga kompresinya.
Lengan ayunnya alias swingarm dari bahan aluminium. Swingarm ini lebih panjang 30,55 mm dari model sebelumnya, tapi memiliki bobot yang sama.
Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 Tembus Rp 1 Miliar?
Di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) juga memasarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021. Motor supersport tersebut dibanderol Rp 1,1 miliar (OTR Jakarta).