window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021?

Harry · 18 Jun, 2021 09:00

Pada pertengahan tahun 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda Genio sebagai skutik fashionable. Skutik ini ditujukan untuk generasi muda yang aktif dan ingin tampil gaya dengan motor stylish.

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 01

Honda Genio dan Honda BeAT dibangun menggunakan sasis dan mesin yang sama.

Honda Genio ditempatkan diantara dua skutik andalan AHM lainnya, yakni Honda BeAT dan juga Honda Scoopy. Kala dikenalkan, Honda Genio membawa teknologi baru untuk skutik entry level Honda.

Baca juga : Simak Lagi Beda Tiga Varian Honda BeAT 2021, Harga Termurah Cuma Rp 16 Jutaan Saja

Sebut saja rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dan juga mesin eSP (enhanced Smart Power) generasi terbaru. Jelas seluruhnya disiapkan agar Honda Genio kelak bisa menjadi produk yang digemari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Namun pada kenyataannya, penjualannya cenderung biasa-biasa saja. Memang tak ada data pasti, lantaran data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tak lagi menjabarkan angka penjualan tiap model.

Hanya saja melihat populasinya di jalanan, Honda BeAT model terbaru lebih banyak terlihat. Skutik tersebut masih menjadi produk yang paling digemari oleh konsumen tanah air.

Baca juga : Selain Harga, Ini Empat Alasan Honda Beat 2021 Sejawat Dipilih Masyarakat

Kami akan memaparkan kenapa Honda BeAT justru lebih banyak disukai, padahal menggunakan basis rangka dan mesin yang sama dengan Honda Genio.

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 01

Honda BeAT 2021 banyak dipakai anak muda.

Nama Kuat Honda BeAT

Urusan ini, jelas Honda BeAT yang dikenalkan pertama kali sejak tahun 2008 punya nama yang lebih kuat dipikiran setiap orang. Kala ingin membeli skutik kecil untuk harian, pilihannya hampir selalu jatuh pada Honda BeAT.

Sejauh tahun 2008, Honda BeAT telah beberapa kali mendapaykan update besar-besaran. Dimulai dari mesin 110 cc dengan karburator, menjadi mesin injeksi, lalu penerapan teknologi eSP hingga kini teknologi eSP dengan ACG Starter.

Baca juga : Bingung Memilih Antara Honda BeAT 2021 Atau Honda Genio 2021? Simak Bedanya

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 02

Honda BeAT 2021 mudah ditemui di jalanan.

Skutik murah yang dulu sederhana, semakin bertambah canggih dan memanjakan konsumen setiapnya. Bahkan pada versi terbaru, Honda BeAT ditawarkan dengan tiga varian yakni CBS, CBS-ISS dan Deluxe untuk memberi pilihan bagi konsumen.

Jangan lupakan pula, AHM memanfaatkan nama tenar Honda BeAT dengan merilis varian macho dalam wujud Honda BeAT Street. Mengandalkan setang telanjang dan grafis atraktif, model ini menyasar anak-anak muda.

Baca juga : Berstatus Skutik Terlaris di Indonesia, Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT 2021

Honda Genio sebagai pendatang baru jelas bukan tandingan, meski secara positioning harga dibuat lebih tinggi dari Honda BeAT. Banyak yang menyebut desainnya nanggung, bergaya stylish namun dalam paket hemat.

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 03

Honda Genio membawa standar baru untuk skutik murah Honda.

Mesin Irit

Honda BeAT tetap identik sebagai salah satu skutik paling irit. Hal ini ikut berpengaruh kepada keputusan konsumen ketika hendak membelikan skutik untuk aktivitasnya.

Padahal, Honda BeAT dan Honda Genio menggunakan basis mesin yang sama, yakni eSP generasi terbaru dengan spesifikasi mesin yang over stroke. Mesin ini memang diciptakan untuk menggapai efisiensi bahan bakar.

Baca juga : Mengenal Tiga Jagoan Skutik Irit Dari Honda, Honda Beat 2021 Istimewa!

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 04

Kedua skutik tersebut menggunakan mesin yang sama.

AHM mengklaim, jika jantung mekanis tersebut bisa mencapai angka 59,1 km/liter untuk konsumsi bahan bakarnya. Luar biasa iritnya bukan? Namun nama kuat Honda BeAT sebagai skutik irit, membuatnya lebih banyak dipilih.

Dimensi Ramping

Wanita kerap menjadi penentu dalam mengambil keputusan kala hendak membeli sebuah skutik. Apalagi skutik entry level, juga akan digunakan untuk pergi berbelanja atau mengantar anak sekolah.

Baca juga : Skutik Stylish Harga Terjangkau, Honda Genio 2021 Bisa Jadi Alternatif Murah Ketimbang Vespa LX 125

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 05

Honda BeAT 2021 punya bodi ramping.

Sudah barang tentu dimensi yang ramping menjadi salah satu syaratnya. Apalagi kalau bukan terkait masalah kemudahan bermanuver, dan bentuk Honda BeAT yang ramping disukai banyak wanita.

Padahal secara spesifikasi, Honda BeAT justru lebih panjang dan tinggi dari Honda Genio loh. Dimensinya 1.877 x 669 x 1.074 mm berbanding 1.869 x 692 x 1.061 mm.

Baca juga : Honda Genio 2021, Skutik Entry Level Yang Membawa Standar Baru

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 06

Bodi Honda Genio 2021 dianggap lebih besar dari Honda BeAT 2021.

Tapi wanita mana peduli hal teknis seperti itu jika pandangan mata sudah dianggap cukup ampuh untuk menentukan pilihan. Dengan desain chubby dan garis bodi membulat, Honda Genio langsung divonis kebesaran dan akan merepotkan untuk dipakai.

Harga

Faktor penentu lainnya yang tak kalah penting, harga. Berstatus sebagai skutik entry level dari Honda, tentu harga jual dari Honda BeAT jadi yang paling terjangkau.

Baca juga : Seberapa Irit Konsumsi Bensin Honda Genio 2021 Dipakai Harian? Ini Jawabannya

Untuk varian terendah yakni CBS, dilepas Rp 16,665 juta. Lantas untuk varianCBS-ISS berada diangka Rp 17,365 juta. Dan tertinggi Deluxe diangka Rp 17,465 juta saja.

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 07

Rangka eSAF  yang digunakan kedua skutik tersebut.

Bandingkan dengan Honda Genio dengan dua variannya, dilabeli harga lebih tinggi. Untuk varian CBS misalnya, dipatok Rp 17,945 juta. Kemudian untuk varian CBS-ISS berada diangka Rp 18,415 juta.

Kesimpulan

Nama besar dan image kuat dari Honda BeAT tak mudah untuk disingkirkan. Terlebih Honda Genio dicap pendatang baru, yang belum teruji kualitasnya, meski menggunakan basis rangka dan mesin yang sama.

Baca juga : Honda Genio 2021 Jadi Skutik Yang Pas Untuk Pelajar, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021? 08

Keduanya ditawarkan dengan harga tak sampai Rp 20 juta.

Honda Genio sendiri bukanlah produk yang buruk, skutik ini tetap memiliki sejumlah keunggulan yang menarik. Konsumsi bahan bakar yang hemat dan bobot motor yang ringan jadi dua diantaranya.

Data Spesifikasi
  Honda BeAT 2021 Honda Genio 2021
Dimensi
P x L x T 1.877 x 669 x 1.074 mm 1.869 x 692 x 1.061 mm
Sumbu Roda 1.256 mm 1.256
Tinggi Tempat Duduk 740 mm 740 mm
Jarak Terendah 147 mm 147 mm
Berat Isi 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS) 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS)
Kapasitas Tangki 4,2 liter 4,2 liter
Mesin  
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc 109,5 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT Otomatis CVT
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki  
Tipe Rangka Backbone, eSAF Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal Tunggal
Ban Depan 80/90-14 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14 90/90-14
Rem Depan Cakram Cakram
Rem Belakang Tromol Tromol
Sistem Rem Combi brake system Combi brake system
     
Harga Rp 16,665 juta (CBS) Rp 17,945 juta (CBS)
  Rp 17,365 juta (CBS-ISS) Rp 18,415 juta (CBS-ISS)
  Rp 17,465 juta (Deluxe)  
*harga on the road Jakarta

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });