window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas

Ary · 25 Jan, 2021 18:00

Harga Honda Scoopy 2021 tercatat paling mahal di segmen skutik 110 cc. Bandingkan saja dengan saudara sekandung seperti Honda Beat series maupun Honda Genio. Tak cuma itu. Selisih jua diberikan PT Astra Honda Motor (AHM) terhadap Honda Vario 125, yang notabene menggunakan kapasitas mesin lebih besar darinya.

Ditilik dari daftar harga pihak pabrikan, Honda Scoopy varian Stylish dan Prestige dipatok Rp 20.750.000 (on the road Jakarta). Sementara Honda Vario 125 CBS dilego Rp 20.600.000. Ya, terdapat selisih Rp 150 ribu antara Scoopy termahal dengan Vario termurah itu. Lantas siapakah yang layak dijadikan pilihan?

Baca juga :Cek Harga Honda Scoopy Bekas per Maret 2021, Tahun Berapa yang Ideal Dibeli?

Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas 01

Honda Scoopy 2021 tipe Prestige dan Stylish lebih mahal dari Honda Vario 125 CBS.

Baca juga: Cek Harga Honda Scoopy Bekas per Maret 2021, Tahun Berapa yang Ideal Dibeli?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain Honda Scoopy Ikonik

Dengan selisih itu, logis jika kebanyakan dari Anda lebih memilih Honda Vario 125 CBS. Namun, hal itu rasanya tidak berlaku untuk motoris yang kepalang suka dengan sosok ikonik Scoopy. Tema retro-modern yang menjadi ciri khasnya tetap dipertahankan. Hanya saja mendapatkan sentuhan baru sebagai bagian atas penyegarannya di akhir 2020 lalu.

Misalnya saja pada bagian depan. Lampu utama berbentuk oval dengan penerangan model projector itu, sudah terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL). Sementara untuk sein, kini dibuat terpisah dari headlamp. Lalu, terdapat kisi-kisi di sisi kanan tebeng depan. Bukan hanya memberi kesan sporty, keberadaannya juga berfungsi untuk keluaran suara klakson milik si skutik. Perubahan juga merujuk kepada tampilan belakang. Nuansa retro pada bagian ini diperkuat lewat usungan desain lampu rem bulat. 

Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda

Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas 01

Desain Honda Scoopy digemari anak muda.

Dimensi Honda Scoopy Kompak

Bentuk uniknya kemudian didukung oleh ukuran tubuh terbilang kompak. Dengan dimensi 1.864 x 683 x 1.075 mm (P x L x T), Honda Scoopy menjanjikan kemudahan dalam pengendalian di lingkup perkotaan. Vario 125 CBS sendiri sebenarnya bukan tidak ideal. Dengan ukuran 1.919 x 679 x 1.062 mm, ia juga memadai sebagai teman mobilitas. Namun, Scoopy diuntungkan lantaran punya dimensi lebih kecil tadi. 

Belum lagi ihwal ketinggian jok 746 mm yang lebih rendah dari Vario 125 (769 mm). Dengan tempat duduk lebih ramah ini, pengendara dimudahkan saat mengendalikannya. Apalagi bobot Honda Scoopy tertinggi hanyalah 95 kg saja. Sementara Vario 125 CBS sudah mencapai 111 kg. 

Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas 02

Tubuh mungil Honda Scoopy membuatnya lincah untuk penggunaan harian.

Namun, Scoopy memberi selisih signifikan lantaran punya  ground clearance 145 mm. Ya, lebih tinggi dibanding jarak kolong Vario 125 yang hanya 132 mm. Meski begitu, kesenjangan ini justru memberi dampak positif karena Anda tak perlu khawatir bagian bawah dek Scoopy mentok saat melewati polisi tidur. 

Sayang, tubuh mungil Honda Scoopy ikut berdampak terhadap keterbatasannya membawa barang bawaan. Kapasitas bagasi Vario 125 CBS jauh lebih besar yakni 18 liter. Sementara Scoopy hanyalah 15,4 liter saja. Namun perlu dicatat, daya tampung tersebut adalah yang terbesar di kelasnya.   

Fitur Honda Scoopy Lebih Kaya

Seleksi terhadap keduanya tentu terlihat dari perbekalan fitur yang dipunya. Pembeli Honda Scoopy versi Stylish dan Prestige mendapatkan sistem penguncian pintar (Smart Key System). Tak lagi menggunakan anak kunci sebagai kontak, melainkan sudah menggunakan knop. Tak cuma itu, ia pun sudah dibekali remote tambahan dengan kelengkapan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Sebaliknya, Honda Vario 125 CBS hanya mengandalkan kunci berpengaman magnet saja. 

Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas 03

Honda Scoopy sudah dilengkapi fitur power outlet USB.

Sementara di sebelah kiri, Vario 125 hanya menyediakan konsol untuk menyimpan barang. Lain hal dengan Honda Scoopy yang sudah menyediakan power outlet USB untuk mengisi daya ulang gawai. Kepunyaannya bahkan lebih rapih karena sudah dilengkapi dengan penutup.

Honda Scoopy Irit

Sudah bisa dipastikan, performa Honda Scoopy pasti terpaut cukup jauh dengan Honda Vario 125. Dengan mesin 110 cc, Scoopy hanya sanggup menorehkan daya 9 Ps di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @5.500 rpm. Namun, impresi positif tetap layak diberikan kepada Scoopy berkat penggunaan mesin terbaru Honda ini. Bukan cuma memiliki bentuk lebih ringkas, racikan jantung mekanik anyar jua berdampak kepada efisiensi bahan bakarnya.

Seperti disampaikan pihak PT AHM, Honda Scoopy mencatat efisiensi bahan bakar sebesar 59 km/liter. Catatan ini dicapai dalam kondisi ISS menyala. Torehan itu jelas tak bisa dicapai Vario dengan mesin 125 cc-nya. Alhasil, tingkat keiritannya hanya menembus 51,7 km/liter saja. Dirinya sedikit diuntungkan karena punya tampungan bahan bakar 5,5 liter. Sedikit lebih banyak dari Scoopy dengan tangki bensin berkapasitas 4,2 liter saja.

Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas 04

Honda Scoopy Prestige dan Stylish masing-masing menawarkan dua varian warna.

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan harga, Honda Vario 125 CBS mungkin lebih memikat karena dilego lebih murah. Meskipun pada kenyataannya, selisih dengan Honda Scoopy Stylish maupun Prestige tadi tidaklah seberapa. Honda Scoopy versi atas yang cuma mahal Rp 150 ribu nyatanya memberikan cukup banyak alasan untuk bisa dijadikan pilihan utama. 

Desain retro jelas menjadi daya tarik utama skutik satu ini. Belum lagi keunikan dari struktur kaki-kaki lantaran menggunakan pelek berukuran 12 inci. Dari sisi fitur, iapun lebih lengkap ketimbang Vario 125 CBS. Selanjut dari sisi handling. Bukan cuma ringan, kemudahan dalam pengendaliannya juga ditunjang oleh penggunaan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) berbahan baja. Lantassebagai pamungkas, efisiensi bahan bakar Honda Scoopy 2021 tercatat lebih baik daripada Honda Vario 125 CBS.  

Spesifikasi Honda Scoopy 2021
Tipe Mesin 4 - Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Bore x Stroke 47 x 63,1 mm
Tipe Transmisi Otomatis
Rasio Kompresi 10:1
Tenaga Maksimal 9 Ps @7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @5.500 rpm
Tipe Rangka Underbone - eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ban Depan 100/90 – 12 59J (Tubeless)
Ban Belakang 110/90 – 12 64J (Tubeless)
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Panjang x Lebar x Tinggi 1.864 x 683 x 1.075 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Sumbu Roda 1.251 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 145 mm
Berat 95 kg / 94 kg (smart key)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4,2 liter
Kapasitas Bagasi 15,4 liter

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });