Misteri Honda NC750X 2021, Benarkah Akan Hadir di Indonesia?
Harry · 20 Nov, 2020 14:30
0
0
Sebagai motor touring yang cukup digemari di Eropa, akankah Honda NC750X 2021 akan hadir di Indonesia kelak? Ya, siapa yang tahu karena tren motor touring sekarang ini berangsur-angsur naik, termasuk di Indonesia.
Motor ini dikenal dengan posisi berkendara yang nyaman, sehingga sangat cocok digunakan untuk berkendara sehari-hari juga touring. Singkatnya, Honda NC750X merupakan motor untuk segala kebutuhan.
Pada model terbaru ini, Honda memberikan update yang cukup signifikan, meski secara garis besar motor NC750X 2021 masih punya garis desain seperti model sebelumnya.
Motor ini terakhir kali mendapatkan update tahun 2018 dengan kehadiran fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) dan tenaga yang lebih besar mencapai 47 Hp.
Sejauh ini Honda NC750X memang belum dijual bebas, tapi motor ini sudah beredar sejak 2016 lalu dan digunakan untuk konsuen fleet, yang merupakan pesanan Kepolisian Republik Indonesia.
Margono Tanuwijaya, yang kala itu menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan kalau pesanan Polri ke prinsipal di Jepang, dan membeli sekitar 50 unit.
Dengan membesarnya pasar motor touring di Indonesia dan peluang untuk menyasar konsumen fleet, tak menutup kemungkinan jika Honda NC750X 2021 akan hadir di Indonesia.
Sebelum hal itu benar-benar terwujud, mari ketahui dulu terkait Honda NC750X 2021 ini.
Masuk kategori manakah Honda NC750X 2021?
Melihat kapasitas mesin yang dibawanya, Honda NC750X masuk kategori motor touring/adventure kelas medium. Kelas ini merupakan pasar gemuk karena dianggap punya harga yang masih bersahabat.
Disatu sisi, persaingan dikelas ini juga sangat ketat karena sudah menjadi idola banyak orang. Terlebih tren motor touring/adventure yang sekarang semakin tinggi.
Dimensi Honda NC750X 2021
Panjang x Lebar x Tinggi
2210 mm x 846mm x 1330 mm
Sumbu Roda
1.535 mm
Tinggi Tempat Duduk
800 mm
Jarak Terendah ke Tanah
145 mm
Berat Kering
214 kg (MT) 224 kg (DCT)
Kapasitas Tangki
14,1 liter
Maka kompetitornya ada dari sesama merek Jepang seperti Kawasaki versys 650, Suzuki V-Strom 650, Yamaha Tracer 700, Yamaha Tenere 700, lalu merek Eropa ada BMW F 750 GS, KTM 790 Adventure, Triumph Tiger 800.
Siapa saja pesaingnya?
Honda NC750X 2021 bermain dipasar yang cukup gemuk dengan banyak brand dan model motor yang sudah ada, seperti sudah disinggung di atas.
Namun Honda NC750X 2021 kelak bisa sedikit bernafas lega, karena tak semua kompetitornya itu ada di Indonesia. Persaingan di Indonesia tidak akan seketat di Eropa atau Amerika.
Apa saja yang baru dari Honda NC750X 2021?
Sejak dikenalkan pertama kali untuk pasar global tahun 2012 silam, Honda NC750X beberapa kali mendapatkan update. Tahun 2014 kapasitas mesin diperbesar dari 670 cc menjadi 750 cc.
Lalu tahun 2016 motor ini mendapatkan sentuhan tampilan minimalis, instrumen baru dan upgrade transmisi kopling gandanya. Lalu 2018 ada tambahan HSTC serta tenaga mesin menjadi 47 Hp.
Dan untuk NC750X 2021, memberi update tampilan meski benang merah desain khas NC750X tetap dipertahankan sebagai sebuah motor touring/adventure. Sosoknya kini semakin agresif.
Bagian tengah motor nampak padat berisi dengan body work bergaris tegas dan punya styling agresif. Sebagai informasi, konsumen Indonesia sangat menyukai tampilan seperti ini.
Yang unik, mulut tangki bahan bakar justru terletak di bawah tempat duduk pembonceng. Lalu bagian seperti tangki, ternyata sebuah bagasi besar yang bisa menampung sebuah helm full face.
Penggunaan sasis baru, serta penyempurnaan pada mesin dan bodywork membuat berat kering dari Honda NC750X 2021 menjadi 6 kg lebih ringan dari pendahulunya.
Bagaimana kelengkapan bawaanHonda NC750X 2021?
Motor ini menawarkan kepraktisan untuk berkendara jarak dekat atau jauh, salah satunya dengan bagasi besar yang terletak di depan. Dan kini sudah menggunakan teknologi Ride by Wire.
Teknologi tersebut terhubung dengan 4 buah Riding Mode, HSTC dengan 3 level pengaturan serta transmisi kopling ganda. Melirik area setang, juga ada kunci HISS (Honda Ignition Security System).
Lainnya ada panel instrumen digital baru, Emergency Stop Signal (ESS), rem ABS (Anti-lock Braking System). Dengan fitur bawaannya, Honda NC750X 2021 akan cukup menggoda.
Seberapa nyaman mengendarai Honda NC750X 2021?
Selain bobot motor yang dibuat lebih ringan, Honda NC750X 2021 juga memiliki ketinggian tempat duduk yang lebih rendah, dari model sebelumnya.
Kemudian posisi berkendara yang tegap dengan setang lebar membuat tangan akan santai. Posisi berkendara tinggi, secara tak langsung berimbas pada keselamatan karena area pandang pengendara juga luas.
Seberapa tangguh mesin Honda NC750X 2021?
Honda NC750X 2021 pakai mesin 750 cc dengan transmisi kopling ganda. Sebuah mesin yang terkenal kuat dan juga digunakan untuk beberapa motor Honda lainnya, contohnya ada X-ADV dan NM4 Vultus.
Dengan spesifikasi inline 2, SOHC 8 katup, pendingin cairan dan sudah injeksi bahan bakar. Tenaganya 57,8 Hp @ 6.750 rpm serta torsi puncak 69 Nm @ 4.750 rpm.
Putaran mesin dibuat sedikit lebih tinggi mencapai 7.000 rpm. Sejatinya memang tak terlalu tinggi, karena mesin ini mengejar torsi yang kuat pada putaran bawah dan tengah.
Soal transmisi, Honda NC750X 2021 tak hanya hadir dengan varian transmisi kopling ganda, tapi juga transmisi manual 6 percepatan.
Mesin Honda NC750X 2021
Tipe
Inline 2, SOHC 8 katup
Diamerter x Langkah
77 mm x 80 mm
Kapasitas Mesin
745 cc
Rasio Kompresi
10.7 : 1
Sistem Bahan Bakar
Injeksi
Sistem Pendinginan
Cairan
Tenaga Maksimal
57,8 Hp @ 6.750 rpm
Torsi Maksimal
69 Nm @ 4.750 rpm
Kapasitas Tangki
14,1 liter
Kapan Honda NC750X 2021 mulai dijual?
Sejauh ini tak ada yang bisa menebak kapan PT Astra Honda Motor akan menghadirkan motor ini, untuk melengkapi pilihan motor touring/adventure mereka di Indonesia.
Ada banyak hal yang bisa menjadi sebabnya. Pertama kondisi pandemi yang belum sepenuhnya pulih. Dan Honda kerap menghadirkan produk motor besar mereka pada pameran otomotif berskala nasional.
Tapi tidak menutup kemungkinan Honda NC750X 2021 akan hadir akhir semester 1 atau awal semester 2, dengan mempertimbangan kondisi ekonomi di Indonesia saat ini serta permintaan pasar yang masih lesu.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil