Pakai Rangka Baru, Dimensi Honda PCX 160 2021 Tak Berubah Banyak Dari Honda PCX 150 2020
Harry · 4 Feb, 2021 12:30
0
0
Besok menjadi hari peluncuran All New Honda PCX 160 2021 (Honda PCX 160 2021). Peluncuran skutik premium tersebut akan menggantikan model sebelumnya, yang telah dikenalkan sejak tahun 2018 lalu.
Desainnya jadi lebih menarik, tanpa meninggalkan kesan elegan dan mewah yang sudah menjadi ciri khas dari Honda PCX sejak pertama kali diluncurkan.
Paling banyak dikomentari adalah fascia depannya, bentuk lampunya jadi tak terlalu penuh seperti Honda PCX 150 2020. Model barunya terlihat lebih elegan, sepintas jadi mirip dengan wajah Honda Forza 250.
Lekuk bodinya pun dibuat lebih tegas, sedikit memberi kesan berotot pada Honda PCX 160. Buritan motor tetap terlihat mewah, dengan lampu X-shape modern. Seluruh lampu yang sudah LED memberi kesan canggih.
Meski desain bodinya berubah total, nyatanya dimensi Honda PCX 160 tak berubah terlalu banyak. Kurang lebihnya masih mirip-mirip dengan Honda PCX 150 yang saat ini masih diniagakan.
Tapi seberapa besar dimensi pastinya?
Dimensi Honda PCX 160 2021 VS Honda PCX 150 2020
Untuk informasi awal, Honda PCX 160 menggunakan rangka dan kaki-kaki yang benar-benar baru. Pastinya perubahan ini sedikit banyak akan mempengaruhi dimensi motor.
Berdasarkan situs resmi Honda Thailand, Honda PCX 160 memiliki panjang 1.935 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.108 mm. Sumbu rodanya 1.313 mm, dengan jarak terendah ke tanah 134 mm.
Sementara itu Honda PCX 150 memiliki panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm. Sumbu rodanya 1.313 mm dengan jarak terendah ke tanah 137 mm.
Artinya Honda PCX 160 memang lebih panjang 12 mm, lebih ramping 3 mm dan lebih tinggi 1 mm saja. Sementara jarak sumbu roda tetap sama, namun jarak terendah 3 mm lebih pendek.
Bobot Honda PCX 160 2021 Lebih Ringan Dari Honda PCX 150 2020
Menariknya, berat Honda PCX 160 justru bisa lebih ringan. Untuk varian CBS (combi brake system) hanya 129 kg. Lalu varian ABS (anti-lock braking system) hanya 131 kg saja.
Sedangkan bobot Honda PCX 150 justru 131 kg (CBS) dan 132 kg (ABS) seperti tertulis pada data spesifikasi. Kok bisa ya Honda PCX 160 lebih ringan?
Nah, yang perlu diketahui terlebih dulu, Honda PCX 160 varian CBS di Thailand masih menggunakan rem belakang tromol. Rem tromol memang memiliki struktur yang lebih ringkas dibandingkan rem cakram, sehingga ikut mereduksi bobot.
Dan kemungkinan untuk varian CBS Honda PCX 160 versi Indonesia, sudah menggunakan rem cakram untuk roda belakang. Jadi rasanya bobot untuk varian CBS Honda PCX 160 Indonesia akan sedikit lebih berat dari versi CBS Thailand.
Rangka dan Kaki-Kaki Honda PCX 160 2021 Berubah Total
Struktur rangka Honda PCX 160 dibuat ulang, tak lagi menggunakan rangka lama. Dalam keterangannya, rangka baru ini dibuat lebih rigid dan juga memiliki bobot yang lebih ringan.
Sebagai tambahan, jarak main suspensi belakang juga ditingkatkan menjadi 95 mm. Sehingga kemampuan meredam guncangan bisa lebih baik, terutama saat melibas kondisi jalan yang tak mulus.
Jika dilihat, struktur rangka Honda PCX 160 memang dibuat lebih ringkas dan minim sambungan juga lekukan. Tak seperti rangka model lawas yang desainnya terlihat lebih kompleks dan banyak sambungan.
Konfigurasi kaki-kaki juga berubah, tak lagi menggunakan lingkar pelek 14 inci dikedua rodanya, tapi kini dibuat belang. Depan 14 inci dan belakang 13 inci.
Perubahan ini dilakukan untuk mengejar kenyamanan berkendara. Ban depan sendiri menggunakan ukuran 110/70-14 dan belakang pakai ukuran 130/70-13.
Kesimpulan
Jika sebelumnya Anda pernah memiliki atau mengendarai Honda PCX 150, tentunya tak ada akan ada masalah saat menggunakan model Honda PCX 160 ini. Secara dimensi ukurannya memang berubah, tapi tak terlalu signifikan.
Lain cerita ketika mencoba untuk mengendarainya, dengan rangka yang total baru dan konfigurasi kaki-kaki belang, rasanya akan jauh berbeda dan jadi lebih ringan. Apalagi jarak main suspensi belakang lebih panjang.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil