window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021

Harry · 2 Mar, 2021 17:00

Melihat daftar harga skutik keluaran terbaru dengan budget sekitar Rp 17 jutaan, Anda bisa mendapatkan Honda BeAT 2021. Tapi dengan dana yang sama, Anda juga bisa memilih Honda Vario 125 bekas tahun muda. Mana yang sebaiknya dipilih?

Ya jika memang sudah mengincar dan mengidam-idamkan Honda BeAT model terbaru, memang tak ada salahnya untuk ditebus. Toh, skutik entry level buatan PT Astra Honda Motor (AHM) itu juga sudah lebih baik dari generasi sebelumnya.

Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 01

Pilih Honda Vario 125 bekas atau Honda BeAT 2021 baru?

Tapi jika masih bimbang karena ingin mendapatkan skutik dengan fitur lebih namun dananya tak bisa ditambah melewati Rp 17 jutaan, membeli Honda Vario 125 bekas bisa jadi solusinya. Dan lagi, Anda akan mendapatkan unit bekas tahun muda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Dipatok Rp 20 Jutaan, Seberapa Menarik Cicilan Honda Vario 125?

Honda BeAT 2021 dilepas direntang Rp 16,45 juta sampai Rp 17,25 juta, tergantung varian apa yang dipilih. Lantas benarkah harga Honda Vario 125 bekas lansiran tahun muda memang setara dengan skutik entry level tadi?

Memantau situs jual-beli online, Honda Vario 125 keluaran tahun 2019 dilepas dengan rentang harga Rp 14 jutaan sampai Rp 17 juta saja. Untuk tahun 2020, ada yang menjualnya Rp 16 jutaan dan tertinggi Rp 17,5 juta.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 01

Contoh harga Honda Vario 125 2019.

Selain masa pakai yang relatif singkat, jika Anda lihai bernegosiasi, bisa saja mendapatkan harga yang lebih rendah dari yang ditawarkan. Menarik? Kira-kira selain dari sisi harga yang kemungkinan bisa lebih hemat, apa saja keunggulan Honda Vario 125 ini dibanding Honda BeAT 2021?

Dimensi Skutik Medium Honda Vario 125

Untuk sebagian pria, ada yang tak nyaman mengendarai skutik kecil macam Honda BeAT 2021. Maka Honda Vario 125 bisa menjadi pilihannya, dengan status skutik kelas medium, dimensinya jelas lebih besar.

Baca juga : Review Lengkap Honda Vario 125 2021, Skutik Andalan Honda di Kelas 125 cc

Honda BeAT 2021 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 669 mm dan tinggi 1.074 mm. Tinggi jok hanya 740 mm, sumbu roda 1.256 mm dan jarak terendah hanya 147 mm. Relatif ringkas dan mudah digunakan memang.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 02

Dimensi Honda Vario 125 lebih pas untuk pria.

Sedangkan Honda Vario 125 memiliki ukuran panjang 1.919 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.062 mm. Dengan sumbu roda 1.280 mm, tinggi joknya sampai 769 mm dan jarak terendah 132 mm saja. Lebih besar bukan?

Tapi untuk pengendara wanita tak perlu khawatir, karena AHM mengklaim kalau dimensi Honda Vario 125 juga mudah digunakan untuk pengendara wanita. Dan ingat, desainnya juga masih fresh karena AHM masih menjual model yang sama.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 03

Honda BeAT 2021 punya dimensi yang ringkas.

Baca juga : Berubah Total, Honda BeAT 2021Jadi Lebih Canggih Dibanding Model Lamanya

Mesin Honda Vario 125 Lebih Bertenaga

Image Honda BeAT 2012 sebagai skutik entry level untuk perkotaan, dengan fokus pada akselerasi memang tak buruk. Tapi dengan mesin 125 cc eSP Honda Vario 125, jelas lebih kuat dan responsif untuk berkendara sehari-hari.

Honda BeAT dibekali mesin eSP generasi terbaru berkarakter overstroke, yang memiliki respon mesin dan akselerasi kuat pada putaran rendah. Output tenaganya 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 04

Mesin Honda Vario 125 juga dikenal irit bahan bakar.

Honda Vario 125 dibekali mesin eSP yang masih digunakan sejak pertama skutik ini meluncur. Sejauh ini performanya dikenal memuaskan, dengan keluaran tenaga 11,1 PS di 8.500 rpm dengan capaian torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Akomodasi Unggul Honda Vario 125

Menilik ruang penyimpanan barang, Honda BeAT 2021 memiliki bagasi berkapasitas 12 liter, lebih besar dari model sebelumnya berkat penggunaan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Ada pula dua konsol di depan yang salah satunya dengan penutup.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 05

Bagasi Honda BeAT 2021 (kiri) dan Honda Vario 125 (kanan).

Tapi Honda Vario 125 bisa menampung lebih banyak barang, dengan bagasi 18 liter dan bisa menampung helm. Juga memiliki sepasang konsol depan terbuka, yang cukup dalam. Soal gantungan barang, keduanya kompak punya satu di bagian tengah bawah setang.

Baca juga : Berstatus Skutik Terlaris di Indonesia, Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT 2021

Honda Vario 125 Punya Alarm

Meski keduanya kompak pakai kunci kontak dengan pengaman magnet, pemilik Honda Vario 125 akan merasa lebih aman meninggalkan motornya di parkiran, karena sudah dilengkapi dengan alarm dan answer back system.

Fitur Honda Vario Lebih Lengkap

Secara fitur, Honda Vario 125 juga lebih unggul dari Honda BeAT 2021 karena sudahp dilengkapi panel instrumen digital, dengan ragam informasi yang lengkap. Sedangkan Honda BeAT masih andalkan paduan digital dan analog.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 06

Honda BeAT 2021 dengan lampu depan LED dan power charger.

Kemudian lampu-lampu, Honda Vario 125 sudah full LED, lampu depan, lampu belakang sampai lampu sein. Kalau Honda BeAT hanya lampu depan saja yang sudah pakai teknologi tersebut.

Baca juga : Tembus 60,6 Km/Liter, Ini Rahasia Honda Beat jadi Skutik Paling Irit di Indonesia

Kesimpulan

Meski secara harga antara Honda BeAT 2021 dengan Honda Vario 125 bekas mirip-mirip, namun secara kelengkapan, Honda Vario 125 lebih unggul. Meski begitu, Honda BeAT boleh sombong karena memiliki power outlet.

Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021 07

Honda Vario 125 pas untuk berboncengan.

Begitu pula soal performa mesinnya, dengan kubikasi lebih besar Honda Vario 125 juga unggul. Hal yang sama kala melihat sisi akomodasi, fitur dan dimensi yang lebih pas digunakan oleh pria dewasa.

Namun semua kembali pada selera dan kebutuhan Anda sebagai konsumen. Jika tak masalah membeli motor bekas, Honda Vario 125 adalah pilihannya. Namun jika ingin mendapatkan skutik baru, Honda BeAT 2021 bisa ditebus.

Spesifikasi Honda Vario 125 2021
Dimensi
P x L x T 1.919 x 679 x 1.062 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Tinggi Jok 769 mm
Jarak Terendah 132 mm
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Berat Basah 111 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 125 cc
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Tenaga Maksimal 11,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 10,8 Nm @ 5.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });