Salah satu skuter andalan Yamaha untuk pasar Cina.
CFMoto jadi partner baru.
Kerjasama mulai berjalan November mendatang.
Cina jadi pasar penting untuk Yamaha.
Pabrikan motor asal Jepang, Yamaha , mengumumkan kerjasama terbarunya dengan pabrikan motor asal Cina, yakni CFMoto .
Pengumuman tersebut dilakukan 15 September kemarin disitus resminya, yang mana merek tersebut akan menjadi partner baru pabrikan itu untuk pasar Cina.
Patut diketahui dulu, untuk masuk pasar Cina, merek luar harus menggandeng partner lokal untuk mengembangkan dan memproduksi produknya.
CFMoto (Zhejiang CFMoto Power Co., Ltd) akan menggantikan Chongqing Jianshe Mechanical and Electric Co., Ltd.
Nama bisnis baru itu akan bernama Zhuzhou CF Yamaha Motor Co.,Ltd (ZCYM), dengan jumlah karyawan diperkirakan sekitar 500 orang.
Baca juga : Konversi Motor Listrik Sepi Peminat, Biaya Mahal Jadi Kendala
CFMoto akan mendapatkan pembagian saham 50% ZCYM, sedangkan Yamaha menguasai 44,23% saham dan Tair Yea Limited mendapatkan 5,77% saham.
Yamaha sendiri melihat Cina sebagai salah satu pasar penting, untuk memproduksi dan menjual produknya, seperti dituliskan Mcnews.com.au.
Yamaha Aerox 155 versi Cina.
Kedua belah pihak pun akan terus mendiskusikan arah kolaborasi ini, dengan tujuan untuk mencapai titik yang paling kompetitif.
Kerjasama keduanya baru akan dimulai pada November 2023 mendatang, dengan lokasi di kota Zhuzhou, Provinsi Hunan, Cina.
Baca juga : Motor Listrik Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Resmi Dirilis Sasar Pasar Eropa
Di Cina, Yamaha menjual beragam produk mulai dari big bike, motor sport kecil, skuter, hingga motor bebek.
CFMoto sendiri sudah menjalin kolaborasi dengan KTM , dan kini bersama Yamaha, yang semakin menguatkan namanya di industri sepeda motor dunia.
Yamaha XMax masuk Cina secara utuh.
Sebagai informasi saja, sejumlah merek motor ternama sudah banyak yang berkolaborasi dengan brand motor asal Cina.
Selain CFMoto dengan KTM dan Yamaha, ada juga Loncin dengan BMW Motorrad, yang memproduksi beragam moge untuk perusahaan Jerman tersebut.