MG 3 HEV Siap-siap Tantang Toyota Yaris dan Honda City Hatchback di Indonesia
Prasetyo · 5 Nov, 2024 17:32
0
0
MG 3 HEV (Hybrid Electric Vehicle) dipastikan akan rilis di Indonesia. Hatchback bermesin hybrid ini nantinya akan muncul di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024.
Sebenarnya jika kalian ingat, MG 3 HEV ini juga pernah singgah di Indonesia. Saat itu ia hanya menjadi "cameo" di antara deretan mobil-mobil masa depan dari Morris Garage (MG) selama berlangsungnya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di ICE BSD City, Juli lalu.
Unit yang ditampilkan saat itu berwarna merah, namun kharisma hatchback pesaing Toyota Yaris dan Honda City Hatchback tersebut tertutup dengan hadirnya MG Cyberster, roadster listrik pertama di Indonesia.
"Di GJAW kita akan bawa MG 3 HEV, ini adalah hatchback hybrid. Dan kami bukan cuma pajang, tapi juga akan persilahkan masyarakat untuk mencoba bagaimana tenaga dan kenyamanan berkendara," sebut He Guowei, CEO MG Motor Indonesia saat ditemui di kawasan Cikarang, Jawa Barat, Selasa (5/11/2024).
Ia juga menyebut, MG 3 HEV ini akan menjadi model entry level MG di Indonesia,sebagaimana kesuksesan mobil tersebut di segmen serupa pada beberapa negara tetangga, diantaranya Thailand.
Mengangkat tema "Funtabulous" The All New MG 3 ingin menggabungkan tiga unsur utama, yaitu Fun, Fantastic, dan Fabulous. Pihak pabrikan menjanjikan kalau mobil ini selain memiliki desain yang cutting-edge, teknologi kekinian, juga menyajikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.
Secara dimensi dia punya panjang 4.113 mm, lebarnya 1.797 mm, dan tinggi 1.502 mm. Kalau dibanding rivalnya dari Jepang, MG 3 lebih pendek 32 mm, lebih jangkung 2 mm, namun lebih lebar 67 mm dari Toyota Yaris.
Kalau dibandingkan Honda City Hatchback, MG 3 lebih pendek 236 mm, lebih tinggi 14 mm, namun bodinya lebih lebar 49 mm. Jadi kesimpulannya, dari ketiga hatchback ini, adalah Honda City yang paling besar dimensinya
Perbandingan dimensi
MG 3 HEV
Toyota Yaris GR Sport
Honda City Hatchback
Panjang
4.113 mm
4.145 mm
4.349 mm
Lebar
1.797 mm
1.730 mm
1.748 mm
Tinggi
1.502 mm
1.500 mm
1.488 mm
Jarak sumbu roda
2.570 mm
2.550 mm
2.600 mm
Sudah dipasarkan di Eropa dan juga Thailand, All New MG 3 ini terhitung sebagai generasi kedua yang didesain di MG Studio di Shanghai, China. Desainnya cukup tajam dengan garis tegas hampir di semua sudut tubuhnya.
Fascia depan begitu agresif dengan gril besar yang polanya seperti bertumpuk. Sepintas mengingatkan pada desain muka dari MG 5GT yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Kemudian aura sporty makin kuat berkat under spoiler tambahan di bumper depan.
Untuk lampu depannya juga dibuat tegas dengan desain meruncing dan sudah menganut teknologi LED Projector, yang terintegrasi dengan LED Daytime Running Light (DRL) pada bagian atasnya. Tema sporty pada bagian depan masih terasa berkat lekukan di area kap mesin.
Beranjak ke samping, desain yang "galak" itu sedikit mereda dengan lekukan tubuh yang lebih landai. Namun MG tetap memberikan satu garis tebal di bagian atas fender roda depan hingga ke handle pintu penumpang belakang.
Lengkung garis atapnya juga terlihat cukup manis, dipadukan bentuk kaca jendela oval. Cita rasa futuristik dan stylish untuk menggoda kaum Gen Z coba dimunculkan dari desain velg yang cukup unik, dan juga lampu belakang serta lekukan bemper belakangnya.
Kalau dari luar hatchback MG ini terlihat begitu agresif, maka untuk interiornya malah mempunya nuansa sporty yang kental. Tema warnanya hanya hitam, tidak ada kombinasi kelir lain meskipun ada beberapa insert silver di beberapa titik.
Lingkar kemudinya model flat bottom dengan di sisi kiri dan kanan ada tombol-tombol untuk akses pengaturan fitur pada kendaraan tersebut. Kemudian pengemudi juga mendapat bantuan meter cluster berlayar 7 inci yang menampilkan beragam informasi seputar status kendaraan, seperti kecepatan, fitur-fitur berkendara, dan sebagainya.
Pada bagian tengah dasbor tersemat head unit berpenampang 10,25 inci yang sudah mendukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Lantas ada juga kamera 360, konektivitas Bluetooth, dan Rear Camera. Head unit ini juga sudah tersambung dengan 6 speakers audio system.
Kemudian joknya juga bergaya semi bucket dengan pola diamond-stitched. Semnetara trans transmisinya malah mirip beberapa model EV MG. Visibilitas untuk ke arah depan samping dan belakang juga dirancang lebih baik berkat pembuatan kaca jendela yang lebih lebar dari sebelumnya.
Lantas untuk menambah kenyamanan berkendara, MG juga menambahkan teknologi "ultra-high stiffness components" pada generasi terbaru MG 3 ini. Kemudian didukung pula dengan settingan suspensi baru guna meningkatkan handling, refinement, dan noise insulation.
Sama seperti beberapa mobil baru MG lain, MG 3 HEV juga sudah disematkan fitur keselamatan aktif Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Fitur-fitur tersebut antara lain:
Adaptive Cruise Control (ACC)
Forward Collision Warning (FCW)
Lane Keeping Assist (LKA)
Lane Departure Warning (LDW)
Lane Departure Prevention (LDP)
Emergency Lane Keeping (ELK)
Intelligent Speed Assist (ISA)
Traffic Jam Assist (TJA)
Kemudian fitur-fitur keselamatan lainnya juga sudah ada seperti 6 Airbags, front and rear seatbelt reminder, rear parking sensor, ISOFIX, Electric Parking Brake (EPB), Auto Hold, Electronic Stability Program (ESP), hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).
MG 3 HEV Gunakan Teknologi Hybrid+
Hatchback MG ini menggunakan mesin berkode GS64 yang memadukan lima elemen kunci pada sistem Hybrid+ baru, mesin, transmisi, baterai, motor listrik, dan generator.
Mesin utamanya berupa mesin 1.5-liter 4 silinder siklus Atkinson yang mampu menghasilkan tenaga puncak 102 PS di 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm di 4.500 rpm. Kemudian mesin ini disokong pula dengan motor listrik tunggal berdaya 100kW (136 PS), serta baterai berkapasitas 1,83 kWh.
Kemudian teknologi Hybrid+ di mobil ini yang dikombinasikan transmisi otomatis CVT, bisa memberikan tenaga gabungan dengan total mencapai 143 kW (194 PS). Memadukan sistem hybrid dengan menggabungkan motor listrik dan mesin 1.500 cc-nya menghasilkan konsumsi bahan bakar sebesar 4,4 L/100 km (22,7 km/liter).
Hal ini memungkinkan MG3 untuk dikendarai dalam mode berkendara berikut, masing-masing secara otomatis dipilih oleh sistem Hybrid+:
EV – Berjalan hanya dengan daya listrik selama dayanya memungkinkan
Seri – Mesin dialirkan ke generator, yang menggerakkan motor listrik untuk penggerak
Seri dan Pengisian Daya – Berkendara seri, plus mengisi ulang baterai saat beban rendah
Penggerak dan Pengisian Daya – Mesin menggerakkan roda, sekaligus mengisi daya baterai melalui generator
Paralel – Mesin dan motor listrik menggerakkan roda
Pengemudi juga dapat menyesuaikan responsivitas MG3 dengan tiga pilihan mode berkendara: Eco, Standard, dan Sport. Mode Eco dikalibrasi untuk penghematan bahan bakar optimal dan memberikan respons throttle yang lembut bagi pengemudi.
Sementara Standar memberikan perpaduan antara penghematan dan kinerja, dan berfungsi dengan baik untuk sebagian besar jenis perjalanan. Disisi lain mode Sport dibutuhkan untuk merasakan gaya berkendara lebih responsif dengan memaksimalkan keluaran tenaga gabungan antara motor listrik dengan mesin pembakaran internal.
Jika sudah dua kali hadir dihadapan masyarakat Indonesia, lantas kapan mobil ini akan dirilis dan berapa harga MG 3 HEV nantinya? He Guowei yang kerap disapa Alec menuturkan kalau perihal ini masih sulit untuk menentukan.
Sebab sata ini hatchback tersebut masih diproduksi di Thailand, dan untuk masuk ke Indonesia maka akan diimpor utuh. "Kami masih pikirkan untuk harganya," sebut Alec.
Sebagai bahan pertimbangan, harga MG 3 HEV mulai dari 579.900 baht (Rp 271 jutaan) untuk varian Model D, dan 619.900 baht (Rp 290 jutaan) untuk varian Model X.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.