window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga

Herdi · 15 Sep, 2024 14:03

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 Wuling BinguoEV

Kami memberikan Wuling BinguoEV sebagai Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 untuk yang sedang mencari kendaraan alternatif pengganti mobil bermesin ICE.

Ketika banyak pabrikan otomotif berlomba menghadirkan mobil listrik canggih dengan desain futuristik, maka hal itu berbeda dengan Wuling BinguoEV. 

Ya, BinguoEV merupakan mobil listrik yang memiliki tampilan desain unik, karena tergolong mengarah retro, namun tetap elegan dan modern.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski desainnya berbeda dari pada mobil listrik pada umumnya, kondisi tersebut malah membuat BinguoEV cukup laris manis, lihat saja penjualannya pada Januari-Juni 2024.

Berdasarkan catatan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada semester pertama 2024 BinguoEV jadi mobil listrik terlaris di urutan pertama yaitu mencapai 3.615 unit.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

wuling binguo ev giias 2024

BinguoEV edisi ulang tahun ke-7 Wuling di GIIAS 2024

Jumlah penjualan BinguoEV ini mengalahkan beberapa deretan mobil listrik lainnya, termasuk Chery Omoda E5, MG 4EV, MG ZS EV, Neta V, atau Citroen E-C3

Artinya, desain retro yang terkesan jadul bukan alasan untuk tidak memiliki BinguoEV, karena justru sebaliknya, hal itu bisa menarik perhatian konsumen di Tanah Air.

Terlebih lagi, pilihan warna BinguoEV tidak terlalu mencolok, karena cenderung lebih soft, seperti Milk Tea, Mousse Green, dan Galaxy Blue.

Untuk warna Milk Tea dan Mousse Green, kombinasi warna interior Brown and White memberikan sentuhan retro, sementara varian warna Galaxy Blue menampilkan warna interior Black and White yang lebih modern.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling BinguoEV Mobil Listrik Desain Retro Tapi Canggih

Adapun rahasia dari larisnya BinguoEV dan membuat kami memberikan Rekomendasi Mobil Keluarga 2024  sebagai My 2nd Companion adalah sebagai berikut.

Wuling BinguoEV Nyaman Dipakai Harian

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 02

Jok baris kedua BinguoEV

Seandainya bukan desain, alasan konsumen memilih BinguoEV, tentunya ada hal lain yang bisa menjadi faktor utama seseorang memilih mobil. Satu diantaranya karena unsur kenyamanan yang ada di dalamnya. 

Pasalnya, pengemudi maupun penumpang bisa merasa nyaman saat berkendara BinguoEV, hal ini terasa saat masuk langsung disambut dengan Soft Synthetic Leather Interior, dimana lapisan material jok bisa membuat pengemudi dan penumpang jadi terasa nyaman dan lebih estetik.

Selain itu, adanya Ceramic Glaze Texture membuat interior jadi terkesan lebih detail berkualitas, serta jadi kabin terasa elegan. 

Ditambah lagi, adanya Floating Island Central Control dengan Dual Screen 2x10.25” Full Color TFT menunjukkan bahwa BinguoEV tidak hanya menawarkan kenyamanan berkendara, tetapi juga konektivitas dan hiburan yang canggih.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 03

Penampakan interior BinguoEV

Adanya inovasi yang dibuat di dalam mobil ini, tentu saja bisa memberikan pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan  Selain itu, kenyamanan lain yang ditawarkan pada mobil ini berkat adanya fitur Digital AC-nya memberikan kontrol suhu yang presisi.

Kenyamanan pada kabin ini juga ditunjang dengan ruang kabin cukup lega untuk sebuah mobil berukuran kompak. Hal ini terasa pada baris depan, dimana bagian bawah dashboard tidak ada pembatas, sehingga terasa kaki-kaki pengemudi dan penumpang depan jadi ikut leluasa.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 04

Bagasi belakang luas

Demikian juga dengan baris kedua, headroom dan legroom dibuat luas, dan pengaturan kursi pengemudi elektrik enam arah yang menawarkan penyesuaian posisi duduk lebih mudah.

Mobil ini memiliki 15 kompartemen yang ada di setiap sisi, namun pada bagian bagasi setidaknya bisa menampung 310 liter yang terdiri dari dua koper dan barang lainnya. 

Apabila masih terasa kurang uas, maka pada baris kedua bisa dilipat dengan konfigurasi kursi 50:50, sehingga total kapasitas bagasi bisa menjadi 790 liter.

Baca juga: Ulang Tahun ke-7 di Indonesia, Wuling Tawarkan BinguoEV Edisi Spesial

Fitur Manjakan Penumpang dan Pengemudi

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 05

Tampang belakang dan samping 

BinguoEV ini memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap, dan sangat bermanfaat bagi pengemudi maupun penumpang. Beberapa fitur menarik tersebut diantaranya, pada  bagian dashboard, terdapat Multifunction Steering Wheel, dimana banyak tombol pada lingkar kemudi yang bisa mengoperasikan berbagai fitur. 

Ya, selain sebagai tombol untuk mengontrol audio pada head unit, tombol tersebut bisa juga mengoperasikan berbagai fitur lainnya. Untuk merubah kecepatan, tuas transmisi BinguoEV cukup keren karena sudah menggunakan Rotary Gear Selector yang digerakan dengan cara knop putar. Selain itu, konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol Electric Parking Brake dan Auto-Vehicle Holding. 

Oia, layer Head unit 10,25 inci yang ada pada mobil ini juga bisa memantau berbagai informasi kendaraan mulai dari beberapa ikon status dan peringatan, petunjuk kecepatan, putaran motor listrik, pilihan gigi, hingga odometer. 

wuling binguo ev headunit

Headunit dual screen

Selain itu, pada layar tersebut juga tertera status kapasitas baterai, sisa jarak tempuh, mode berkendara, dan pilihan daya regenerative.

Beberapa fitur yang menjadi senjata BinguoEV untuk pasar Indonesia diantaranya:

  • Smart Start System 
  • Keyless Entry
  • Cruise Control
  • Electronic AC
  • Electric Adjustable Outside Mirror
  • Power Windows

Sementara itu untuk fitur keselamatan di Wuling BinguoEV sudah dilengkapi 

  • Dual Front Airbags
  • Anti Lock Brake System (ABS) 
  • Electric Brake Distribution (EBD)  
  • Electric Parking Brake with Automatic Vehicle Hold    
  • Electronic Stability Control (ESC)  
  • Rear Parking Sensor 
  • Camera Sensor
  • ISOFIX    
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)  
  • Immobilizer 

Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 07

Baterai BingouEV sudah 40 kali uji kekuatan

Hal menarik lainnya dari BinguoEV tentu saja karena ini adalah mobil listrik murni. Selain ramah lingkungan, mobil ini juga memiliki daya baterai dengan sertifikasi IP67, yang artinya baterai teruji untuk ketahanan terhadap air dan debu, dan telah menjalani lebih dari 40 uji kekuatan baterai. 

Fitur IP67 Water & Dust Resistant Battery tersebut menunjukkan ketangguhan dan ketahanan BinguoEV terhadap kondisi lingkungan yang berat.

Baterai yang dibenamkan BinguoEV terdiri ari dua pilihan Untuk tipe Long Range AC dan AC/DC menggunakan baterai berkapasitas 31,9 kW dan torsi 150 Nm yang mampu menghasilkan jarak tempuh hingga 333 Kilometer. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 08

Jantung pacun BinguoEV

Sedangkan Premium Range AC/DC baterainya berkapasitas 37,9 kWh, dan torsi 125 Nm kemampuan jelajahnya mencapai 410 Km.

Di atas kertas, untuk tipe Long Range AC dan AC/DC kecepatannya bisa 120 km/jam, sedangkan untuk Premium Range AC/DC mencapai 130 km/jam.

Dalam tiga pilihan varian, Long Range AC, Long Range AC/DC, dan Premium Range AC/DC, dimana tenaga yang dihasilkan sama-sama 50 kW (68 Ps) serta Driver Motor 50 kW. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Cloud EV Tetap Nyaman Buat Berpergian ke Luar Kota

Harga Wuling BinguoEV Bersaing

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Ini Alasan Wuling BinguoEV Bisa Jadi Mobil Listrik Pelihan Keluarga 09

Tampang samping 

Wuling Binguo ini hadir dengan tiga varian tergantung dari kapasitas baterai dan jarak tempuhnya. Untuk harganya sebagai berikut:

  • BinguoEV-410 Km Premium Range-AC/DC Rp372.000.000
  • BinguoEV-333 Km Long Range-AC/DC Rp326.000.000
  • BinguoEV-333 Km Long Range-AC Rp317.000.000

Jika dilihat dari harga, memang segmen mobil listrik ini cukup banyak pesaingnya, yaitu:

  • BYD Dolphin Rp365.000.000-Rp425.000.000
  • Chery Omoda E5 Rp419.000.000-Rp488.800.000
  • GAC AION ES Rp 386.000.000
  • Neta V-II Rp 299.000.000
  • Neta V Rp 317.000.000
  • MG 4 EV Rp 395.000.000
  • MG ZS EV Rp 413.000.000

Nah, kalau Anda sendiri tertarik nggak dengan BinguoEV?

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling BinguoEV 333km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil