Review Range Rover Vogue 2020: Perpaduan Sempurna Ketangguhan dan Kemewahan
Derry · 16 Agu, 2020 18:00
Berbicara soal Land Rover, tentu kita sudah identik dengan model Defender yang terkenal sebagai sebuah SUV tangguh dengan kapabilitas off-road terbaik di kelasnya. Namun, model tersebut dianggap terlalu fokus ke performa off-road dan memiliki kenyamanan yang tidak terlalu baik.
Sebagai alternatif, Land Rover juga menghadirkan SUV lain, Range Rover. SUV dengan performa off-road yang sama baiknya dibanding Defender, namun dengan karakteristik berkendara dan kenyamanan yang lebih manusiawi dan bersahaja dengan lebih mengedepankan fungsi.
Telah memasuki generasi keempat, Land Rover Range Rover 2020 kini telah berevolusi dari sebuah SUV keluarga yang bersahaja jadi sebuah SUV premium dengan aura yang jauh, jauh lebih mewah.
Tentu saja, hal ini sebanding dengan harga yang ditawarkan. Di Indonesia, Land Rover Range Rover 2020 hadir dalam dua pilihan model, short wheelbase (SWB) dan long-wheelbase. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 3,5 Miliar untuk varian SWB dan Rp 4,2 miliar untuk varian LWB.
Kaki-kaki dan Suspensi Land Range Rover Vogue 2020
Suspensi Depan/Belakang
Electronic Air Suspension, Four-Independent Supension
Rem Depan/Belakang
Ventilated-disc 380 mm (front), Ventilated-disc 350 mm (rear)
Pelek
21 inch light alloy wheels
Tiga tahun setelah peluncuran Land Rover Series I pada tahun 1948, Rover Company (awal mula pabrikan Land Rover) berencana membuat SUV yang lebih besar dengan mobil konsep Road Rover yang didevelop oleh Gordon Bashford dan Spen King tahun 1951.
Sempat terhenti dari tahun 1958-1966 karena Bashford dan King terlibat dalam pengembangan line-up lain, prototype Range Rover pertama dibuat tahun 1967 dengan kode SYE 157F.
Tiga tahun berselang, Range Rover resmi dipasarkan dengan model awal dua pintu sampai akhirnya model 4-pintu dipasarkan mulai 1981. Di generasi awalnya, Range Rover masih mengedepankan fungsionalitas dengan jok bermaterial vynil dan material dasbor plastik.
Generasi ini bertahan selama 25 tahun, sampai akhirnya Range Rover generasi kedua (P38A) hadir tahun 1995 dengan basis sasis LWB (long wheelbase) generasi pertama yang lebih panjang 20 cm.
Selain menyisipkan mesin V8 Rover yang telah diupdate, Range Rover P38A juga mendapatkan mesin inline-6 turbodiesel milik BMW, dengan pabrikan Bavaria itu jadi pemilik brand Rover Group, termasuk Land Rover.
Dibanding generasi pertama, model ini terasa lebih premium dengan plotting di atas Land Rover Discovery untuk memenuhi pangsa pasar SUV premium yang tengah booming di tahun 1990-an.
Namun, identitas Range Rover sebagai SUV ningrat yang kita ketahui saat ini baru benar-benar muncul di generasi ketiga yang rilis tahun 2002. Didevelop dengan bantuan BMW, Range Rover dengan kode body L322 ini mendapat lungsuran teknologi dari BMW 7 Series (E38), dan cuma hadir dalam transmisi otomatis saja.
Merger Jaguar Land Rover (JLR) tahun 2008 yang jadi bagian raksasa otomotif India, Tata Group, juga mempengaruhi development Range Rover, khususnya dari segi powertrain.
Sejak 2005 powertrain V8 M62 dari BMW diganti oleh line-up mesin V8 berkode AJ milik Jaguar. Pilihan mesin diesel juga tidak ada setelah mesin Inline-6 M57 dari BMW tak lagi dipakai sejak 2006.
Kesuksesan Jaguar Land Rover sejak berdiri tahun 2008 tentu tak terlepas dari line-up Range Rover. Bahkan di tengah krisis di akhir 2000-an, SUV premium itu mampu terjual sebanyak 22.000 unit di seluruh dunia.
Seolah tak ingin kehilangan momentum, JLR merilis Range Rover generasi keempat (L405) di Paris Motor Show 2012, dengan varian hybrid di tahun 2013. Aura premium semakin diperkuat dengan desain yang lebih kokoh dari pendahulunya, interior lebih premium, dan serangkaian fitur canggih yang memberi kenyamanan dan keselamatan dalam kabin.
Masuk ke Indonesia melalui PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai distributor resmi Jaguar Land Rover (JLR) di Indonesia, Range Rover 2020 memiliki dua model body, Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB), dan terbagi jadi beberapa varian, HSE, Vogue, dan Autobiography.
Adapun model yang akan kita review di sini adalah Range Rover Vogue 2020, bagaimana impresinya? Simak review yang telah disusun AutoFun berikut ini.
Eksterior
Kita mulai dari interior, secara umum Range Rover Vogue 2020 memiliki body yang lebih aerodinamis dibanding generasi sebelumnya, khususnya di bagian depan dengan siluet yang lebih landai.
Namun jika melihat secara desain, tidak ada perubahan signifikan dari model sebelumnya. Gril berbentuk trapesium dengan finishing krom dengan emblem Land Rover di sudut bawah kanan gril. Di bagian atas terdapat tulisan Range Rover yang cukup besar dengan finishing krom juga, hal yang sudah ada sejak generasi pertama.
Sementara itu, di bumper depan terdapat semacam diffuser untuk memberikan departure angle yang ideal, dan juga melindungi bumper depan saat dipakai off-road. Lampu depan LED Matrix meningkatkan visibilitas saat berkendara malam, tentu selain meningkatkan tampilan mobil jadi kian mewah.
Pindah ke samping, aksen garis silver yang cukup tebal di dekat pintu depan kembali hadir. Beberapa suka, lainya tidak, namun ini telah jadi ciri khas Range Rover sejak generasi ketiga. Di varian Autobiography, pelek yang digunakan menggunakan model 11 palang Style 1046 dengan ukuran pelek 22 inci.
Geser ke belakang, kami sangat menyukai lampu utama dengan desain kotak dua tingkat yang membuatnya terlihat modern dan elegan. Desain spoiler belakang yang sejajar dengan body memberi kesan sporty, dan juga menjaga aerodinamika mobil.
Kesan mewah terlihat dari bagian bawah yang tampak bersih, paling hanya dua buah knalpot yang cukup besar di sisi kanan dan kiri. Namun, detail krom di tailgate agak sedikit menggangu, mungkin akan lebih baik jika dibuat sewarna body.
Interior
Masuk ke dalam, kita langsung disambut kabin mobil yang sangat mewah. Perpaduan warna hitam dan krem di dasbor dan setir, yang dibalut material kulit berkualitas tinggi, membuat kabin terasa cukup lapang.
Hampir seluruh bagian kabin Range Rover Vogue 2020 dilapisi material berkualitas seperti kulit asli dan ornamen kayu di kisi-kisi AC dan konsol tengah. Desain joknya juga cukup lebar sehingga tubuh dapat ditopang dengan baik, tentu dengan material kulit yang sangat berkualitas juga.
Pindah ke baris kedua, kursinya bisa diduduki tiga orang, namun kursi bagian tengah sedikit lebih maju dengan sandaran kepala yang tidak terlalu nyaman.
Cuma punya dua baris, Range Rover Vogue 2020 menyisakan ruang kargo yang sangat besar. Jika semua bangku berdiri, kapasitas bagasinya sekitar 900 liter, angka tersebut bisa ditingkatkan sampai 1.943 liter dengan melipat kursi baris kedua.
Beralih ke sektor entertainment, Range Rover Vogue 2020 dilengkapi fitur Touch Duo Pro yang terdiri dari dua layar 10 inci. Layar atas merupakan infotainment system, sementara layar bagian bawah merupakan panel touch control yang dapat mengatur berbagai fungsi kendaraan.
Mulai dari pengontrol AC, mode berkendara, dan navigasi satelit dapat dilakukan di layar kedua ini. Untuk konektivitas smartphone, Anda bisa memakai fitur InControl Apps yang mengkoneksikan smartphone dengan head unit melalui port USB secara interaktif.
Untuk kenyamanan berkendara jarak jauh, Range Rover Vogue 2020 juga dilengkapi rear seat infotainment system berupa dua buah layar yang bisa dipakai mengatur beberapa fitur infotainment di head unit utama.
Fitur Keselamatan
Sebagai mobil dengan kapabilitas off-road mumpuni, Range Rover Vogue 2020 dilengkapi fitur berkendara dan safety yang sangat lengkap. Paling sedikit ada tujuh buah mode berkendara yang bisa dipilih, mulai dari Dynamic, Eco, Comfort, Grass/Gravel/Snow, Mud and Ruts, dan Rock Crawl.
Tiap mode berkendara yang dipilih akan mempengaruhi respon mesin, girboks, dan ketinggian electronic air suspension sesuai dengan medan yang akan dilewati. Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah All Terain Progress Control (ATPC), yang membuat mobil dapat melaju mulus di medan off-road. Fiturnya mirip seperti cruise control, namun untuk medan off-road.
Beralih ke fitur keamanan, tentu saja Range Rover 2020 telah dilengkapi berbagai fitur safety seperti airbag, sabuk pengaman tiga titik untuk semua pengemudi, dan fitur seperti Vehicle Stability Control. Selain itu, hadir juga teknologi lain yang lebih premium.
Contohnya seperti Emergency braking, yang dapat mengintervensi kendali mobil dan melakukan pengereman otomatis ketika ada potensi tabrakan frontal.
Untuk mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja, Range Rover Vogue juga menyiapkan Lane Departure Warning yang dapat menjaga mobil tetap di jalurnya. Semisal Anda berpindah jalur tanpa lampu sein, maka akan ada peringatan baik itu berupa bunyi atau getaran di setir.
Mesin
Range Rover 2020 hadir dengan pilihan mesin 3.0L V6 Supercharged yang menghasilkan tenaga 340 PS yang didapat di 6.500 rpm dan torsi puncak 450 Nm yang didapat di rentang 3.500 sampai 5.000 rpm. Mesin tersebut dihubungkan ke transmisi otomatis 8-percepatan ke sistem penggerak All-Wheel Drive.
Performa dan Handling
Performa mesin ini cukup untuk menuntaskan akselerasi dari 0-100 dalam waktu 7,5 detik, cukup mengesankan mengingat Range Rover Vogue 2020 bukanlah mobil yang kompak.
Mobil ini punya handling yang lumayan untuk sebuah mobil dengan panjang 5.000 mm dan tinggi 1.869 mm, hal ini didukung penggunaan electronic air suspension di keempat rodanya. Bantingannya cukup oke, meski disarankan untuk tidak memakai pelek 22 inci yang akan membuat bantingan mobil lebih keras.
Konsumsi BBM
Konsumsi bensinnya juga tidak terlalu buruk. Untuk perjalanan dalam kota konsumsi BBM nya mencatatkan 7 km/liter, sementara untuk perjalanan luar kota (jalan tol), konsumsi bensinnya meningkat jadi 12,7 km/liter.
Video
Kesimpulan
Range Rover Vogue 2020 adalah SUV premium yang sangat asyik untuk dikendarai. Okelah, bodynya memang bongsor, namun hal ini tertutupi oleh tenaga dari mesin V6 Supercharge yang cukup besar dan fitur yang mumpuni, baik itu entertainment, atau mode berkendara yang bisa diajak off-road ringan.
Namun dengan harga mulai dari Rp 3,2 miliar, SUV satu ini juga punya kenyamanan di baris kedua yang sangat baik dengan head room dan leg room yang sangat lega, dan juga posisi duduk yang sangat rebah.
Memang, masih banyak SUV yang lebih kapabel dan dijual dengan harga yang lebih murah. Namun jika Anda mencari sebuah SUV premium dengan kenyamanan terbaik dengan budget Rp 3 miliar lebih, maka ini bisa jadi pilihan tepat.
Komentar