Ketahui Perbedaan Mitsubishi Triton HDX dan GLS Double Cabin 2024, Selisih Harga Rp22 Jutaan
Enda · 17 Okt, 2024 16:04
0
0
Perbedaan All New Mitsubishi Triton HDX 2024 dan Triton GLS 2024 terjadi mulai dari tampilan hingga spesifikasi teknis yang digunakan. Perlu diketahui sebelumnya Mitsubishi Triton HDX 2024 merupakan Triton double cabin tipe terendah yang ditempatkan tepat di bawah varian GLS.
Pada dasarnya, HDX maupun GLS merupakan varian yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di wilayah pertambangan. Bicara mengenai harga barunya saat ini, kedua varian memiliki selisih hingga Rp22.350.000.
Berikut daftar harga Mitsubishi Triton terbaru 2024:
Triton GLX HR M/T Single Cab 2WD: Rp 302.000.000
Triton HDX M/T Single Cab 4WD: Rp 377.150.000
Triton HDX M/T Double Cabin 4WD: Rp 426.650.000
Triton GLS M/T Double Cab 4WD: Rp 449.000.000
Triton Exceed M/T Double Cab 4WD: Rp 493.000.000
Triton Ultimate A/T Double Cab 4WD: Rp 527.000.000
Guna mengetahui lebih detail apa saja perbedaan Mitsubishi Triton HDX dan GLS Double Cabin 2024, simak ulasan berikut.
Perbedaan Mitsubishi Triton HDX dan GLS Double Cabin 2024 dari Segi Tempilan
Sebagai varian di atas HDX, All New Mitsubishi Triton 2024 tipe GLS memiliki tampilan yang terlihat lebih mewah. Ini terlihat mulai dari bagian depan, dimana varian HDX untuk bumper dicat sewarna bodi.
Selain itu, tipe GLS juga mendapatkan foglamp dengan halogen tepat di bawah lampu utamanya tersebut. Bicara varian HDX, untuk bumper depannya mobil ini dilabur dengan warna hitam doff tanpa adanya foglamp.
Melihat ke bagian samping, kedua varian mendapatkan side moulding yang diletakan di bagian bawah pintu. Untuk side moulding keduanya berwarna hitam doff. Untuk perbedaan, tipe GLS menggunakan lingkar roda dengan ukuran lebih besar dan desain lebih atraktif yakni 17 inci yang dibungkus menggunakan ban berprofil 265/65. Sedangkan varian dibawahnya diaplikasikan velg 16 inci dengan ban berukuran 265/70.
Selain velg, perbedaan lain juga terletak pada cover spion serta handel pintunya yang mana tipe GLS sudah diselimuti dengan aksen krom dengan menampilkan kesan lebih mewah.
Beranjak ke bagian belakang, tipe GLS juga tampak lebih mewah berkat adanya high mount stoplamp yang diletakan tepat di atas handle pintu bagasi beraksenkan krom.
Fitur All New Triton Tipe GLS Lebih Mewah daripada HDX
Selain tampilan, perbedaan Mitsubishi Triton HDX 2024 dan tipe GLS 2024 untuk varian double cabin yang paling jelas yakni fitur pada bagian dalam. Dimana tipe GLS sendiri fitur serta tampilan yang lebih mewah.
Melihat tampilan kokpit, untuk dashboardnya GLS memiliki material soft touch di beberapa bagiannya. Bahkan di sisi pemumpang depan untuk glove box pada dashboardnya dilengkapi cover penutup.
Tak hanya itu, tipe ini juga untuk bazel yang melingkari kisi-kisi AC diberi sentuhan warna silver dengan memberikan nuansa lebih mewah. Perbedaan lainnya pun terletak pada tombol pengaturan AC yang mana varian ini sudah menggunakan tampilan digital dengan Auto A/C, sedangkan HDX masih memakai knob putar.
Di bawah tombol pengaturan AC keduanya juga memiliki kompartemen fitur dengan letak posisi yang berbeda. Selanjutnya untuk console tengah, tipe GLS juga tampil lebih mewah berkat bentuknya yang dibuat terhubung dengan dashboard berwarna hitam glossy dipadukan bazel berwarna silver.
Jika pengaturan perpindahan sistem penggerak tipe HDX menggunakan model tuas, varian GLS terkesan lebih mewah dan ergonomis berkat penggunaan model knob putar. Memberikan rasa nyaman selama berkendara, tipe GLS juga sudah dibekali arm rest pada console tengah yang dibalut dengan material soft touch.
Mengetahui perbedaan lain untuk bagian dalam dari keduanya, tipe GLS untuk bagian jok memiliki kesan sedikit lebih mewah berkat adanya jahitan benang berwarna putih yang ditonjolkan.
Tidak berhenti sampai di situ, untuk door trim varian GLS juga mendapatkan handel pintu yang diberi sentuhan warna silver serta aksen black glossy di sekelilingnya. Bahkan untuk beberapa area door trim serta sandaran tanganya dibungkus dengan bahan kulit soft touch.
Oh iya, untuk jok pengemudi tipe GLS juga memiliki pengaturan lebih lengkap yang bisa distel tinggi maupun rendahnya guna menyesuaikan posisi berkendara. Selain itu untuk setirnya varian ini sudah dibekali fitur tilt&telescopic, berbeda dengan HDX yang hanya memiliki tilt untuk pengaturan setirnya.
Bicara mengenai persamaan, keduanya sama-sama dibekali head unit single din tanpa adanya layar touch screen yang sudah mendukung fitur Radio, MP3, USB dan Bluetooth. Selain itu pusat informasi berkendara untuk keduanya mendapatkan layar MID berlatar monokrom yang diletakan di tengah antara tachometer dan odometer.
Tak cuma itu saja, HDX dan GLS juga mendapatkan power window di semua pintu dengan spion pengaturan elektrik dan pelipatan otomatis yang memudahkan pengguna di berbagai kondisi.
Dari segi keselamatan berkendara baik HDX dan GLS dibekali dengan dua buah airbags di depan yang dapat mengurangi cedera serius akibat benturan keras. Tak berhenti sampai di situ, untuk sistem pengeremannya pun didukung dengan Anti-lock Braking system, Electronic Brakeforce Distribution dan Brake Assist.
Menunjang kenyamanan dan rasa aman selama berkendara, keduanya juga mendapatkan seatbelt reminder untuk baris pertama, Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA), Active Stabilty & Traction Control (ASTC), dan immobilizer untuk fitur keamanan.
Sebagai pembeda varian GLS memperoleh tambahan fitur keselamatan berupa Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang berfungsi untuk memonitor tekanan angin ban pada mobil. Ada pula Auto Stop & Go (AGS) yang secara otomatis akan membuat mesin mobil berhenti berkerja selama beberapa detik guna menghemat penggunaan bahan bakar.
Mesin Sama Tenaga dan Torsi Tipe GLS Lebih Besar
All New Mitsubishi Triton 2024 HDX dan GLS double cabin menggunakan mesin baru dengan kode 4N16 2.442 cc berkonfigurasi 4-silnder segaris DOHC 16 valve common rail, Variable Geometry Turbocharger (VGT).
Meskipun kode dan teknologinya serupa, namun di atas kertas keduanya memiliki angka output daya makismum maupun torsi puncak yang berbeda. Untuk tipe GLS tenaganya 150 PS di 3.500 rpm sementara tipe HDX 110 PS di 4.000 rpm. Demikian juga torsi tipe GLS 330 Nm di 1.500-3.300 rpm, adapun torsi tipe HDX 200 Nm pada 1.000-3.750 rpm.
Secara tampilan mesin, tipe GLS juga lebih mewah. Ini lantaran di atas head silindernya terdapat tambahan cover seperti yang ada di tipe Exceed maupun Ultimate.
Jumlah Tingkat Pecepatan Varian GLS Lebih Banyak
Terakhir perbedaan All New Mitsubishi Triton 2024 HDX dan GLS double cabin terletak pada tingkat percepatannya. Meski sama-sama dibekali transmisi manual dengan mode penggerak roda 4x4 part time, untuk jumlah perpindah gigi varian GLS mencapai 6-percepatan, dan 5-percepatan pada tipe HDX.
Memiliki selisih harga baru hingga Rp22 jutaan, perbedaan Mitsubishi Triton HDX 2024 dan Triton GLS 2024 yang sama-sama tipe double cabin bukan hanya terletak pada tampilan dan fitur unggulan saja.
Seperti yang disampaikan melalui ulasan perbandingan di atas, untuk fitur keselamatan tipe GLS juga lebih lengkap dibanding HDX.
Triton tipe GLS dan HDX memang menggunakan mesin diesel turbo dengan kode dan kapasitas silinder yang serupa. Tetapi setting yang dilakukan Mitsubishi membuat daya dan torsi mesin varian GLS lebih tinggi dibanding HDX.
Tak hanya itu, mengenai jumlah tingkat percepatan tipe GLS juga lebih banyak yakni 6-percepatan, beda dengan HDX yang mempunyai 6-percepatan.
Kapan Mitsubishi Triton generasi terbaru masuk Indonesia?
All New Mitsubishi Triton dirilis secara resmi saat berlangsungnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2024.
Mitsubishi Triton HDX terbaru generasi ke berapa?
All New Mitsubishi Triton yang dijual oleh PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat ini merupakan Triton generasi keempat di Indonesia. Sementara jika melihat versi global, maka ini adalah Triton generasi keenam.
Apakah Mitsubishi Triton pakai mesin turbo?
Semua varian tipe Mitsubishi Triton terbaru menggunakan mesin diesel common rail dengan electric control Variable Geometry Turbo (VGT) berkapasitas 2.442 cc 4 silinder.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.