PT Cruiser adalah salah satu mobil contoh paling spektakuler dari tren retro-desain pada awal 2000-an. Itu diluncurkan di acara mobil internasional Amerika Utara 1999 di Detroit. Chrysler merancang Kriteria PT Cruiser agar sesuai dengan kriteria NHTSA (Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional) sebagai truk dan memperlakukannya, termasuk peringkat EPA. Dengan demikian, perusahaan dapat membelinya dan mengurangi konsumsi bahan bakar perusahaan rata-rata. Trik itu bekerja dan pelanggan swasta santai walaupun tes kecelakaan mengungkapkan perlindungan yang sangat buruk bagi penghuninya. Tetapi mobil itu tampak terlalu berbeda untuk dihindari. Para fender menyerupai tampilan sedan Amerika dari '30-an dan' 40-an, dan estetika hot-rod dari tahun 50-an dan's. Tetapi ada bentuk modern untuk lampu depan dan lampu belakang dan mobil dilengkapi dengan teknologi baru tahun 2000-an. Besar, seperti perisai, grille berdiri tinggi dari bawah celemek ke celah kap, hanya terganggu oleh bumper depan. Di dalam, dasbor datar dan bentuk cue-ball dari tuas roda gigi meningkatkan desain retro mobil. Bahkan panggilan dan bentuk setir berada di halaman yang sama. Adapun kursi datar dan bangku, tidak ada yang peduli tentang hal itu. Di bawah kap, PT Cruiser ditawarkan dengan berbagai mesin dari unit 2,4 liter yang kecil hingga 1,6 liter hingga 2,4 liter yang dapat memberikan kinerja yang sesuai untuk '60-an tampilan hot-rod. Untuk pasar Eropa, PT-Cruiser berkumpul di Austria. Mobil itu diproduksi di Mexic, juga. Selama 9 tahun produksi, diproduksi dalam 1,35 juta unit.