Salah satu mobil paling maju yang diproduksi oleh 70-an, SM memiliki desain dan teknologi eksterior revolusioner. Sementara dunia penerbangan direvolusi dengan pesawat supersonik pertama yang diproduksi, Concorde, Citroen sibuk dengan SM, salah satu kendaraan paling bergengsi dalam sejarah. SM itu cepat, hampir seperti mobil sport, tetapi masih nyaman, menyenangkan untuk dikendarai, dengan penanganan dan kemudi yang tepat, serta suspensi besar dan rem yang efektif. Dilengkapi dengan sistem penggerak roda depan, Citroen SM dilengkapi dengan jenis baru variabel membantu power steering untuk menyelesaikan kemudi torsi. Sistem itu bukan yang terbaik, dengan tidak banyak umpan balik yang ditawarkan kepada pengemudi. Desain eksterior dilakukan oleh desainer citroen Robert Opron. Dirilis pada tahun 1970 di Geneva Motor Show, SM adalah buah kolaborasi antara Citroen dan Maserati. Namun mesin Italia V6 besar, selain kuat, salah satu alasan kegagalan komersial SM, karena perpajakan yang tinggi. SM diwarisi dari Citroen DS sistem hidrolik dan menawarkan kenyamanan luar biasa, sehingga SM tidak dirancang sebagai GT standar di mana kenyamanan bukan yang pertama dalam daftar. SM memiliki gaya aerodinamis, meningkat 25% dibandingkan dengan DS, Citroen mencapai kinerja ini dengan banyak tes terowongan angin yang dilakukan selama tahap pengembangan.