Melihat kesuksesan besar dari pembuat mobil Jerman Volkswagen dengan golf model andalannya, Fiat memutuskan untuk merancang stilo berdasarkan Bravo mereka. Sementara Fiat Stilo baru tampak mirip, Volkswagen MKIII, Fiat juga membuang suspensi yang sepenuhnya mandiri yang ditemukan pada Bravo dan mengadopsi suspensi semi-independen seperti yang ada di golf. Hasilnya adalah kendaraan yang berat dan kurang kuat dengan desain eksterior yang agak membosankan. Gagal mengesankan pelanggan yang ditargetkan, Fiat memutuskan untuk mencobanya lagi pada tahun 2006 ketika stilo sedikit diperbarui. Secara estetika, model facelift memanaskan desain grille baru dengan batu tulis perak horizontal yang mendukung lencana depan. Pembuat mobil Italia mencoba menabrak penjualan dan memperkenalkan facelift untuk itu pada tahun 2006. Lampu depannya menampilkan lensa yang jelas dan bentuk sudut yang sama seperti sebelumnya. Peningkatan estetika besar adalah untuk gagang pintu, yang dicat dalam warna tubuh. Sebelum facelift, mereka berkulit hitam. Di dalam, ventilasi udara hitam disegarkan dan mendapat hasil akhir aluminium baru. Cluster instrumen sekarang menggunakan panggilan putih dan kontrol cermin listrik dipindahkan dari konsol kontrol jendela di belakang tongkat roda gigi. Pembaruan utama diwakili oleh sistem infotainment baru yang menambahkan layar sentuh berwarna. Fiat menjatuhkan mesin 1,2 liter di bawah tenda, yang dibawa dari Punto, dan versi dasar menampilkan empat pabrik 1,4 liter. Pilihan yang menarik adalah untuk versi diesel, yang dipasangkan ke manual 5 kecepatan standar, dan, sebagai opsi, pelanggan bisa mendapatkan manual 6 kecepatan. Bahkan versi facelifted membantu Fiat untuk menaikkan minat pada Fiat Stilo, sehingga model tersebut dikeluarkan dari produksi pada 2007.