Fiat memperkenalkan jajaran Tipo pada tahun 1988 sebagai pengganti Ritmo, dan lima tahun kemudian, pembuat mobil Italia membawa versi yang segar. Tipo adalah sukses besar sejak awal. Itu menawarkan lebih dari saingan utamanya, dan harganya lebih rendah. Selain itu, itu datang setelah Ritmo, yang merupakan kendaraan sukses lain yang dibangun oleh Fiat. Fiat memperkenalkan versi tiga pintu bersama dengan versi facelifted juga, tetapi versi penjualan utama adalah hatchback lima pintu. Dirancang oleh ERCOLE ESPADA, Tipo terkejut dengan garis-garis modalnya untuk saat itu. Untuk tetap di depan hatchback lain, pembuat mobil mengubah beberapa detail eksterior. Ini menampilkan fasia depan baru dengan lampu depan yang lebih ramping dan bar horizontal di atas grille, dengan garis merek Fiat empat miring. Karena didasarkan pada model tahun 1988, itu masih menampilkan desain gaya kuba, tetapi itu lebih bulat kali ini. Di sisi, cermin pintu berwarna tubuh lebih baik daripada yang hitam dari versi non-facelifted. Tipo menawarkan salah satu kabin terbesar di kelasnya, dan itu disimpan bahkan setelah facelift, tetapi Fiat mengerjakan beberapa detail. Di dalam, desainer mengikuti tema garis lurus dari eksterior dan membayangkan dasbor dengan permukaan yang panjang dan rata. Bahkan cluster instrumen dirancang dengan garis sudut dengan pola grid di latar belakang. Jelas, ini menampilkan bangku belakang split-lipat untuk memperluas trunk kecil. Fiat memasang pilihan mesin kecil di bawah kap, tetapi cukup baik untuk pembeli rata-rata yang mencari kendaraan yang terjangkau dan mudah dikelola. Ada tiga bensin dan dua opsi mesin turbo-diesel dan, selain unit bensin 2.0 liter, semua yang lain sangat hemat bahan bakar.