Juga dikenal sebagai Capri MKIII, coupe Ford 1978 untuk pasar Eropa adalah 1976 Capri MKII yang sangat direvisi. Ford membuat Capri menjadi Grand Tourer semua orang. Ini menawarkan gaya yang sama dengan harga sedan keluarga biasa. Tidak heran bahwa, pada tahun 1977, Capri adalah mobil ketujuh yang paling banyak dijual di U.K. Ford mendorong lebih keras insinyurnya untuk membuat kendaraan bahkan lebih hemat bahan bakar dan meningkatkan aerodinamis dan powertrains. Untungnya, itu tidak mengubah bentuk keseluruhannya. Di depan, Capri 1978 menampilkan desain yang ditingkatkan dengan lampu depan quad. Grille plastiknya menyerupai ide yang sama dari Fiesta dan Granada. Di bagian bawah, celemek mengurangi jumlah udara yang dimasukkan di bawah mobil. Modifikasi ini meningkatkan aerodinamis mobil hampir enam persen dan mengurangi lift sebesar 18 persen. Di belakang, spoiler dipasang pada versi tertentu. Semua modifikasi ini mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar sepuluh persen. Detail khusus lainnya untuk Capri 1978 adalah pegangan pintu hitam matte dan lingkungan Windows. Model selanjutnya menampilkan cermin dan gril pintu kode warna. Di dalam, versi dasarnya sederhana dan, entah bagaimana, membosankan. Di sisi lain, versi olahraga tersedia dengan kursi ember recaro sport dan dasbor lengkap dengan pemutar kaset radio Ford asli. Di bawah tenda, Ford menjaga mesin dasar untuk penjualan volume tinggi mereka tetapi menambahkan mesin yang mengesankan seperti versi injeksi bahan bakar 2,8 liter yang dipasangkan ke manual 5-speed. Di Afrika Selatan, sebuah toko tertentu digunakan untuk memasang mesin Ford V-8 5,0 liter di Capri. Tapi itu terlalu berat hidung, dan mobil gesit menjadi tidak stabil.