Kia memperkenalkan generasi pertama Cerato / Spectra pada tahun 2004 pada platform yang sama dengan Hyundai Elantra. Hanya tiga tahun kemudian, pembuat mobil Korea menyegarkan lineup. Itu terutama dirancang sebagai mobil komuter, dengan ruang interior yang cukup, batang berukuran layak, dan tidak terlalu banyak fasilitas untuk meningkatkan pengemudi dalam perjalanan panjang. Tetapi, bahkan pada tingkat trim dasar, itu menampilkan AC, jendela depan, dan stereo. Untuk kendaraan murah dengan efisiensi bahan bakar yang baik, itu adalah pilihan yang sangat baik. Karena tren desain yang baru ditutup sampai akhir, Kia berusaha meningkatkan tampilan mobil dengan garis yang lebih lembut. Tapi itu tidak bisa menyelamatkan tampilan hambar kendaraan atau garis awal yang mendefinisikan mobil. Lampu depan menampilkan sudut bulat dan sinyal belokan yang lebih besar. Bumper depan mobil dibentuk kembali dan menampilkan grille pusat yang lebih luas dan dua sendok samping. Tidak seperti pendahulunya, grille sedang chrome. Lampu belakang didesain ulang di belakang, dan area yang membalikkan cahaya dipasang di bagian bawah alih-alih tinggi tengah. Di dalam, spektrum mempertahankan nilai-nilai yang sama yang menjadikannya pembelian yang baik untuk sebagian besar pelanggannya. Itu tidak meningkatkan bahan yang digunakan, yang terbukti sangat dapat diandalkan. Dasbor dan tumpukan tengah plastik dibawa dari versi non-facelifted. Di bawah tenda, Kia menyusut pilihan mesin dari enam hingga dua mesin. Itu hanya menyimpan mesin bensin paling kuat dan, untuk pasar Eropa, unit turbodiesel 1,6 liter yang baru dikembangkan.