Ford memperkenalkan facelift untuk generasi kedua fokus pada 2008, memperbaiki beberapa masalah dan memperbarui drivetrains. Dimulai dengan 1 Januari 2009, Eropa beralih ke peraturan emisi Euro 5, dan sebagian besar pembuat mobil harus meningkatkan atau memperbarui kendaraan mereka. Sementara beberapa pembuat mobil sudah siap untuk itu, yang lain menunggu sampai 2008 untuk memperbaikinya. Ford memilih opsi yang terakhir, dan bersama dengan rentang engine, itu menerapkan facelift ringan ke seluruh rentang fokus, termasuk stasiun-gerobak. Ford mengikuti tren desain kinetik dan memperkenalkan fasia depan baru untuk fokus. Lampu yang lebih besar menyapu kembali ke fender, dan kisi-kisi bawah yang lebih besar di bumper membuat mobil terlihat lebih baik dan lebih agresif. Tergantung pada level trim, bilah krom dipasang di grille atas. Di belakang, atap panjang dan potongan vertikal untuk tailgate mendefinisikan mobil sebagai kendaraan yang dirancang untuk memaksimalkan ruang interior. Pembuat mobil meningkatkan interior dengan diperkenalkannya fitur-fitur baru. Untuk unit infotainment Sony, ada konektivitas baru melalui Bluetooth dan, untuk sistem navigasi, unit berbasis kartu SD. Pada 2008, Ford memperkenalkan sistem keyless plus tombol push-tombol "Ford Power" untuk memulai mobil. Sistem isi ulang tanpa batas diperkenalkan untuk menghindari memicu mobil dengan bahan bakar yang salah. Di bawah kap, para insinyur memasang unit turbodiesel 2.0 liter baru yang menawarkan 110 hp. Tergantung pada pilihan mesin, manual 5 atau 6-speed dipasang sebagai standar. Model yang dipilih dapat dipesan dengan transmisi PowerShift Otomatis (Dual-Clutch) baru.