Meskipun itu bukan mobil pertama dalam sejarah, itu dianggap sebagai salah satu kendaraan terpenting yang dibangun pada abad XX. Jika Ford A tidak akan berhasil, kami tidak akan pernah mendengar tentang Ford Motor Company lagi. Ketika Henry Ford memproduksi kendaraan pertama, ia hanya memiliki 223 dan beberapa perubahan di bank. Segala sesuatu yang lain diinvestasikan dalam mengembangkan dan memproduksi kendaraan pertama. Dan dia punya ide untuk mengecat mereka merah. Mereka semua! Mungkin sulit dipahami oleh standar modern A model A. Tetapi mobil itu merupakan terobosan sejati untuk industri motor dunia. Sudah ada banyak penitipan mobil di seluruh dunia, termasuk di AS, tetapi, Henry Ford meyakinkan sekelompok investor untuk menaruh uang mereka untuk mengembangkan merek baru. Idenya adalah membangun mobil yang mudah dikendarai dan dengan ruang yang cukup untuk empat orang dewasa. Dia tidak tahu persis ke mana harus meletakkan pintu, dan itulah sebabnya kendaraan hanya menampilkan satu, di belakang. Dengan demikian, para penumpang seharusnya naik dari belakang, pada langkah, dan bangku belakang. Dengan standar-waktu itu, model Ford A bukan mobil modern. Ini menampilkan pompa-tanduk dan sepasang headlamp oxyacetylene di bagian depan untuk menyala di jalan. Tetapi pengemudi itu sangat sibuk dengan empat pedal dan slider pada setir untuk menyesuaikan waktu pengapian. Itu sebabnya ada kebutuhan untuk dua penghuni di depan. Di belakang, ada mesin dua silinder di bawah kendaraan yang menghasilkan "mengesankan" 8 hp. Menurut standar waktu-waktu itu, itu besar. Itu sangat banyak kekuatan sehingga sabuk drive kulit rentan untuk pecah.